A R I A T I, NIM : KL. 14010101014 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN INDEK CARD MATCH SISWA KELAS VI SDN 36 PULAU TAMBAKO KECAMATAN MATAOLEO KABUPATEN BOMBANA Skripsi ini Diajukan untuk Memenuhi salah satu Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Program Studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ariati, KL. 14010101014“Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI melalui Penerapan Model Pembelajaran Indek Card Match Siswa Kelas VI SDN 36 Pulau Tambako Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaranindex card match dapat meningkatkan hasilbelajar PAI padaSiswaKelas VI SDN 36 PulauTambakoKecamatanMataoleoKabupatenBombana?Peneltian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas VI setelah diterapkan model pembelajaran indek card match di SDN 36 PulauTambakoKecamatanMataoleoKabupatenBombana. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN 36 Pulau Tambako Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakanadalahteshasilbelajar; tesawalsebelumpemberiantindakan, tessiklus I dan II danlembarobservasibagi guru dansiswa.Prosedurpenelitianiniterdiridari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwahasilpembelajaran PAIsiswakelasVI SDN 36 PulauTambakosebelumditerapkannyamodel pembelajaranindek card matchhasil rata-rata belajarsiswasebesar 63 denganpersentase 55 %, sedangkanhasilbelajarsetelahditerapkanmodel pembelajaranindek card matchpadasiklus I nilai rata-rata sebesar68,45denganpersentase 65% danpadasiklus IImenunjukanpeningkatan yang ssangatsignifikandengannilai ratarata siswasebesar 78,3denganpersentase 95%. Dengandemikianmodel pembelajaranindek card matchdapatmeningkatkanhasilpembelajaranPendidikan Agama Islam siswakarenahasilbelajar yang diperolehpadasiklus I dansiklus II padabidangstudiPendidikan Agama Islam terjadipeningkatanhasilbelajardarihasiltesawal. Sebelumditerapkannyamodel pembelajaranindek card matchpersentasehasilbelajarsebesar63 (55%) dansesudahditerapkannaikmenjadi68,45 (80%) padasiklus I,namunbelummencapaiindikatorkinerja yang telahditetapkan. Selanjutnyanilai rata-rata siswapadasiklus II meningkatdibandingkandengannilai rata-rata siklus I yang dari68,45menjadi78,3dantelahmemenuhiindikatorkinerja yang telahditetapkanyaitu95% siswatelahmendapatnilai>70.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ABBAS, S.Ag, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN INDEK CARD MATCH |
Subjects: | Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tilman Syah . |
Date Deposited: | 09 Sep 2017 01:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 01:07 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |