MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA KELAS IVc MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KENDARI

LA MALID, NIM : 14010104007 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA KELAS IVc MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK LA MALID, NIM.14010104007, Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendari , (Dibimbing Oleh:Rasmi S.Ag, M.SI). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.Bagaimanakah hasil belajar fiqih siswa kelas IVc MIN 1 Kendari; 2.Apakah hasil belajar mata pelajaran fiqih pada siswa kelas IVc MIN 1 Kendari dapat ditingkatkan melalui penerapan STAD.Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran Fiqih di kelas IVc MIN 1 Kendari, dan untuk mengetahui model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVc MIN 1 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVc pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) ketuntasan siswa hanya mencapai 52% dengan nilai rata-rata 68,8. Kemudian dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 60% dengan nilai rata-rata 72,4. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 84,61% dengan nilai rata-81,53. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 83,3% dan ktivitas siswa mencapai 75%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 87,5% dan aktivitas siswa mencapai 85%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 95,83% dan aktivitas siswa mencapai 95%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 100% dan aktivitas siswa mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rasmi S.Ag, M.SI)
Uncontrolled Keywords: Model STAD , Hasil Belajar Fiqih, MIN 1 Kendari
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 02 Jan 2019 01:24
Last Modified: 02 Jan 2019 01:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item