STRATEGI BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA SMK NEGERI 5 KENDARI

ROHAYU, NIM : 14010101069 (2018) STRATEGI BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA SMK NEGERI 5 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rohayu, NIM: 14010101069, Judul: “Strategi Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMK Negeri 5 Kendari”, (Pembimbing: Dr. H. Pairin, M.A) Latar belakang dalam penelitian ini adalah meningkatkan self control dengan strategi bimbingan kelompok pada siswa SMK Negeri 5 Kendari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi bimbingan kelompok dalam pelaksanaan program yang diterapkan Guru Bimbingan Konseling guna Meningkatkan Self Control Siswa SMK Negeri 5 Kendari ? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program yang diterapkan oleh Guru Bimbingan Konseling di SMK Negeri 5 Kendari ? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 (empat) sejak bulan April sampai Agustus 2018. Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan kelompok yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok yaitu adanya interaksi saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, saran, dan sebagainya, dimana pemimpin kelompok menyediakan informasi-informasi yang bermanfaat agar dapat membantu individu mencapai perkembangan yang optimal. Dan self control merupakan suatu kecakapan individu dalam kepekaan membaca situasi diri dan lingkungan serta kemampuan untuk mengontrol dan mengelola faktor-faktor perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam melakukan sosialisasi kemampuan untuk mengendalikan perilaku, kecenderungan untuk menarik perhatian, keinginan untuk mengubah perilaku agar sesuai bagi orang lain, menyenangkan orang lain, selalu konform dengan orang dan menutup perasannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala sekolah SMK Negeri 5 Kendari. Analisis data menggunakan model analisis Milles dan Huberman, yang terdiri atas tiga tahapan penting yakni pengumpulan data, penyajian data, serta penarik kesimpulan dan vertifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan bahwa terdapat beberapa tahap dalam pelaksanaan strategi bimbingan kelompok, seperti: perencanaan, pelaksanaan, evaluai, analisis, dan tindak lanjut. Adapun faktor pendukung, terdapat faktor interen dan ekstren. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi bimbingan kelompok dalam meningkatkan self control siswa SMK Negeri 5 Kendari dapat terlaksana dengan baik apabila adanya kerjasama sinergis, baik lingkungan, orang tua, sekolah maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Pairin, M.A
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Self (Diri), dan Self Control
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 08 Jan 2019 06:38
Last Modified: 08 Jan 2019 06:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item