STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAYAH SWASTA HUBBUL WATAN KEC. KALEDUPA KAB. WAKATOBI

RENAL, Nim. 12010101070 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAYAH SWASTA HUBBUL WATAN KEC. KALEDUPA KAB. WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RenalNim. 12010101070 “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa MIS Hubbul Watan di Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi”. Di Bimbing olehDr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I Skripsi ini merupakan salah satu analisis ilmiah yang membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa MIS Hubbul Watan di Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, Faktor-Faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa MI Hubbul Watan Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi dan Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa MI Hubbul Watan Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi yang bertujuan untuk mengetahui guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, Faktor-Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa MI Hubbul Watan Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif Kualitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode Field research (penelitian lapangan) yakni observasi, interview dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecakan keabsahan data yang digunakan adalah dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan melakukan bimbigan belajar individu, bimbingan belajar kelompok, remedial teaching dan bimbingan pribadi. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah faktor dari dalam diri sendiri, lingkungan sosial dan lingkungan non sosial. Adapun Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah melakukan pendekatan dengan siswa, pertemuan/rapat dengan orang tua siswa, alat pendidikan/buku ajar, guru itu harus melakukan strategi pembelajaran aktif aktif dan memotivasi siswa untuk giat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Belajar dan Kesulitan Belajar
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 Jan 2019 02:23
Last Modified: 28 Jan 2019 02:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item