UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN JIGSAW PADA SI KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA Diajukan untuk Memenuhi Pendidikan Islam FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 77 KASABO SKRIPSI Salah Satu Syarat Memeperoleh Gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Oleh: Hj. MUHADJIRA, A.Ma NIM. KL. 14010101018 DAN ILMU KEGURUAN (IAIN) KENDARI 2016 SWA KASABOLO

Hj. MUHADJIRA, NIM. KL. 14010101018 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN JIGSAW PADA SI KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA Diajukan untuk Memenuhi Pendidikan Islam FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 77 KASABO SKRIPSI Salah Satu Syarat Memeperoleh Gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Oleh: Hj. MUHADJIRA, A.Ma NIM. KL. 14010101018 DAN ILMU KEGURUAN (IAIN) KENDARI 2016 SWA KASABOLO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hj. Muhadjira, A.Ma, NIM. KL. 14010101018, Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PENDIDIKAN Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VI SD Negeri 77 Kasabolo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana, (Dibimbing Oleh: Rasmi, S.Ag., M.Si dan La Hadisi, S. Ag., M.Pd.I). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 77 Kasabalo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 77 Kasabalo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana? Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 77 Kasabolo pada kelas VI, tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 21 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Faktor yang diselidiki yakni faktor siswa dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% siswa memperoleh nilai ≥65. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil setiap tes yang diberikan. Pada sikluss 1 nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 67,67 dengan hanya 12 orang siswa (57,14%) mencapai KKM, maka evaluasi pada akhir siklus II nilai siswa menunjukan peningkatan menjadi 72,29 dengan 19 orang siswa (90,48%) memperoleh nilai ≥ 65. Sementara aktivitas belajar siswa dalam kelompok menunjukan nilai 2,67. Aktivitas guru memperoleh nilai 3,4 (skala 0 – 4) untuk pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II aktivitas belajar siswa secara berkelompok juga menunjukan peningkatan menjadi 3,5. Aktifitas guru selama proses pembelajaran juga menunjukan perbaikan dengan perolehan nilai yang meningkat menjadi 3,84. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 77 Kasabolo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rasmi, S.Ag., M.Si dan La Hadisi, S. Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, JIGSAW
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 15 Sep 2017 08:26
Last Modified: 15 Sep 2017 08:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item