IMPLEMENTASI MANHAJ SISTEMATIKA WAHYU DALAM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH KOTA KENDARI

Lutfiuddin, L (2019) IMPLEMENTASI MANHAJ SISTEMATIKA WAHYU DALAM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH KOTA KENDARI. Masters thesis, IAN.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan tim penguji.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak daftar isi dan transliterasi.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lutfiuddin, Nomor Induk Mahasiswa 17040202005 Implementasi Manhaj Sistematika Wahyu dalam Pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari, pembimbing I :Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag, Pembimbing II : Dr. Suprianto, MA. Penelitian ini membahas tentang Implementasi Manhaj Sistematika Wahyu dalam Pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari yang bertujuan untuk menganalisa ( 1 ). Persiapan implementasi Manhaj Sistematika Wahyu dalam pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari; ( 2 ). Pelaksanaan bahan ajar Manhaj Sistematika Wahyu dalam pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari ( 3 ). Eveluasi implementasi Manhaj Sistematika Wahyu dalam pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari ( 4 )Hambatan implementasi Manhaj Sistematika Wahyu dalam pendidiakan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan dara terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi dan selanjutnya dianalisis dengan cara analisis domein, analisis, analisis taksonomi, analisis komponen dan analisis tema. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari dalam persiapan implementasi Manhaj sistematika Wahyu dalam pendidikan Pondok Pesantren melalui dua tahap. Tahap (1) mengintegrasikan kurikulum diknas yang di pakai pada pendidikan formal dengan Manhaj Sistematika Wahyu yang di beri istilah Pendidikan Integral. Tahap (2 ) sistem keasramaan (Boarding/ Mondok) yang diharapkan dalam sistem ini adalah optimalisasi iptek yang seimbang dengan pembentukan kesadaran ruhiyah sangat ditunjang oleh keterpaduan ungsur yang ada, yaitu sekolah, masjid dan asrama. Manhaj Sistematika Wahyu dalam pelaksanaan pada sistem pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari dengan memberikan muatan Sistematika Wahyu pada setiap pembahasan dalam mata pelajaran baik pelajaran formal maupun ekstrakurikuler. Hal ini dapat tercermin pada pramuka yang di berikan muatan Kepanduan Hidayatullah yang berisikan Manhaj Sistematika Wahyu. Pelaksanaan evaluasi Manhaj Sistematika Wahyu pada sistem pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari menggunakan empat model evaluasi yaitu : (a ) Evaluasi goald oriented, (b) Evaluasi Formatif, (c ) Evaluasi Normatif dan (d)Evaluasi Sumatif. v ABSTRACT Lutfiuddin (NIM: 17040202005 )Implementation of Systematics Revelation Method in Education of Hidayatullah Islamic Boarding School in Kendari, Supervisor I: Dr. Moh. Yahya Obaid, M.Ag. Supervisor II: Dr. Supriyanto, M.A. This study aims to analyze the implementation of systematics revelation method in education at the Hidayatullah Islamic Boarding School Kendari from the aspects of preparation, implementation, evaluation, and obstacles. This study used qualitative research methods. The types of data are classified into primary and secondary data, which are collected through observation, interviews and documentation and then analyzed by domains, taxonomies, components, and themes analysis. Checking the validity of the data is done by an extension of observation, participation, and triangulation. The results showed that the preparation of the implementation of systematics revelations method in education at Hidayatullah Islamic Boarding School in Kendari went through two stages, namely the stage of systematics revelation integration with the national education curriculum used in formal education which was termed integral education, and the stage design of the system integrated with other elements namely schools and mosques are expected to optimize science and technology balanced with the formation of spiritual awareness of students. In terms of implementation, the Hidayatullah Islamic Boarding School in Kendari provides the contents of systematic revelation material in each subject matter discussion, both lessons and extracurricular activities, for example in scout activities given by Hidayatullah Scouting material. The evaluation of the implementation of systematics revelation method using four evaluation models namely goal oriented evaluation, formative evaluation, normative evaluation, and summative evaluation. ﺺﺨﻠﻤﻟا :ﺚﺣﺎﺒﻟا ﻢﯿﻠﻌﺗ ﻲﻓ ﻲﺣﻮﻟا ﺪﮭﻌﻣ مﺎﻈﻨﻟا ( ﺞﮭﻨﻤ ﻟا ﺬﯿﻔﻨﺗ ١٧٠٤٠٢٠٢٠٠٥ ) ﻦﯾﺪﻟا ﺆﻔﻄﻟ فﺮﺸﻤﻟا . رﻮﺘﻛﺪﻟا :ﻲﻧﺎﺛا ﺪﯿﺒﻋ ﻰﯿﺤﯾ جﺎﺤﻟا رﻮﺘﻛﺪﻟا :لوﻷا فﺮﺸﻤﻟا . يراﺪﻨﻛ ﷲ ﺔﯾاﺪھ ﻮﺘﻧﺎﯾﺮﻔﺳ ﻲﻓ ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﻲﺣﻮﻟا مﺎﻈﻨﻟا ﺞﮭﻨﻤﻟا ةرادإ ﻦﻋ ﻒﺸﻜﻟا ﻖﯿﺒﻄﺗ ﻞﯿﻠﺤﺗ ﻰﻟإ ﺔﺳارﺪﻟا فﺪﮭﺗ .تﺎﺒﻘﻌﻟاو ﻢﯿﯿﻘﺘﻟاو ﺬﯿﻔﻨﺘﻟاو داﺪﻋﻹا ﺐﻧاﻮﺟ ﻦﻣ يراﺪﻨﻛ ﷲ ﺔﯾاﺪھ تﺎﻧﺎﯿﺑ ﻰﻟإ تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا عاﻮﻧأ ﻒﯿﻨﺼﺗ ﻢﺘﯾ .ﻲﻋﻮﻨﻟا ﺚﺤﺒﻟا قﺮط ﺔﺳارﺪﻟا مﺪﺨﺘﺴﺗ ،ﺔﯾﻮﻧﺎﺛو ﺔﯿﻟوأ ﺪﮭﻌ ﻟاﻤ ﺎﮭﻠﯿﻠﺤﺗ ﻢﺛ ﻖﺋﺎﺛﻮﻟاو تﻼﺑﺎﻘﻤﻟاو ﺔﻈﺣﻼﻤﻟا لﻼﺧ ﻦﻣ ﻖﻘﺤﺘﻟا ﻢﺘﯾ .ﻊﯿﺿاﻮﻤﻟاو تﺎﻧﻮﻜﻤﻟاو تﺎﻔﯿﻨﺼﺘﻟاو تﻻﺎﺠﻤﻟا ﻞﯿﻠﺤﺗ ﻖﯾﺮط ﻦﻋ .ﺚﯿﻠﺜﺘﻟاو ﺔﻛرﺎﺸﻤﻟاو ﺔﺒﻗاﺮﻤﻟا ﺪﯾﺪﻤﺗ لﻼﺧ ﻦﻣ تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﺔﺤﺻ ﻦﻣ ﺎﮭﻌﻤﺟ ﻢﺘﯾ و نأ ﺞﺋﺎﺘﻨﻟا ﺖﺤﺿوأ ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﻲﻓ ﻲﻣﺎﻈﻨﻟا تﻮھﻼﻟا ﻢﻠﻋ ﺔﯾاﺪ ﻞﻣﺎﻜﺗ ﺔﻠﺣﺮﻣ ﺎﻤھو ،ﻦﯿﺘﻠﺣﺮﻣ ﻰﻠﻋ ﺮﻣ يراﺪﻨﻛ ﷲ ھ ﺪﮭﻌ ﻟاﻤ ةرادإ ﻦﻋ ﻒﺸﻜﻟا ﻖﯿﺒﻄﺗ داﺪﻋإ ﻊﻣ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟﺎﺑ ﺖﯿﻤﺳ ﻲﺘﻟاو ﻲﻤﺳﺮﻟا ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﻲﻓ ﺔﻣﺪﺨﺘﺴﻤﻟا ﺔﯿﻨطﻮﻟا ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺞھﺎﻨﻣ سراﺪﻤﻟا ﻲھو ىﺮﺧأ ﺮﺻﺎﻨﻋ ﻊﻣ ﻞﻣﺎﻜﺘﻤﻟا مﺎﻈﻨﻟا ﺔﻠﺣﺮﻣ ﻢﯿﻤﺼﺗو ،ﻞﻣﺎﻜﺘﻤﻟا ﻣ ﺎﯿﺟﻮﻟﻮﻨﻜﺘﻟاو ﻢﻠﻌﻟا ﻦﺴﺤﺗ نأ ﻊﻗﻮﺘﻤﻟا ﻦﻣ ﺪﺟﺎﺴﻤﻟاو ﻲﺣﻮﻟا مﺎﻈﻨﻟا ﺞﮭﻨﻤﻟا ﻲﻋﻮﻟا ﻞﯿﻜﺸﺗ ﻊﻣ ﺔﻧزاﻮﺘ ﻠﻟ ﻲﺣوﺮﻟا تﺎﯾﻮﺘﺤﻣ يراﺪﻨﻛ ﷲ ﺔﯾاﺪھ ﺔﻄﺸﻧﻷا وأ سورﺪﻟا ﻲﻓ ءاﻮﺳ ،ﺔﯿﻋﻮﺿﻮﻣ ﺔﺸﻗﺎﻨﻣ ﻞﻛ ﻲﻓ ﻲﺣﻮﻟا ﺞﮭﻨﻤﻟا ﺪﮭﻌﻤﻟا ﺮﻓﻮﺗ ،ﺬﯿﻔﻨﺘﻟا ﺚﯿﺣ ﻦﻣ بﻼﻄ .و ةدﺎﻣ ﻹا ﷲ ﺔﯾاﺪھ داﻮﻣ ﺎﮭﻣﺪﻘﺗ ﻲﺘﻟا ﺔﯿﻔﺸﻜﻟا ﺔﻄﺸﻧﻷا ﻲﻓ لﺎﺜﻤﻟا ﻞﯿﺒﺳ ﻰﻠﻋ ، ﺬﯿﻔﻨﺗ ﻢﯿﯿﻘﺗ .ﺔﯿﻔﺸﻜﻟا ﺔﯿﻓﺎﻀﯾ ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا ﻲھو ﻢﯿﯿﻘﺗ جذﺎﻤﻧ ﺔﻌﺑرأ ماﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻲﺣﻮﻟا .ﻲﺼﯿﺨﻠﺘﻟا ﻢﯿﯿﻘﺘﻟاو يرﺎﯿﻌﻤﻟا ﻢﯿﯿﻘﺘﻟاو ﻲﻨﯾﻮﻜﺘﻟا ﻢﯿﯿﻘﺘﻟاو فاﺪھﻸﻟ ﮫﺟﻮﻤﻟا مﺎﻈﻨﻟا ﺞﮭﻨﻤ ﻟا

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: pendidikan agama islam
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Jul 2019 05:12
Last Modified: 19 Jul 2019 05:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item