STRATEGI PEMASARAN PRODUKTABUNGAN PENDIDIKAN PADA BMT AMANAH CABANG EREKE BUTON UTARA

Amin Zahir, A (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUKTABUNGAN PENDIDIKAN PADA BMT AMANAH CABANG EREKE BUTON UTARA. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak..pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1..pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul“Strategi Pemasaran Produk Tabungan Pendidikan Pada BMT Amanah Cabang Ereke Buton Utara” ditulis oleh Amin Zahir NIM. 15050102042, melalui bimbingan Dr. Hj. Ummi Kalsum, M.Ag dan Nurjannah, S.Kom, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh BMT Amanah yang hadir dari semangat memberi manfaat kepada masyarakat. Sesuai dengan semangat yang diawali dengan pendiriannya sebagai BMT Amanah yang membuka produk simpanan tabungan pendidikan sebagai perencanaan biaya sekolah anak-anak terkhusus daerah Buton Utara. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi pemasaran produk tabungan pendidikan pada BMT Amanah Cabang Ereke Buton Utara ? (2)bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi BMT Amanah Cabang Ereke Buton Utara dalam memasarkan produk tabungan pendidikan ? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, metode pengolahan data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan data dengan menggunakan keterpercayaan (trianggulasi, pemeriksaan sejawat dan memperpanjang keikutsertaan) dan kepastian. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa BMT Amanah Cabang Ereke Buton Utara dalam memasarkan produk tabungan pendidikan menerapkan dua bentuk strategi pemasaran yaitu mitra dan sosialisasi pada masyarakat umum. Kedua strategi tersebut merupakan sebuah konsep yang baik untuk meyakinkan masyarakat menjadi nasabah tabungan pendidikan pada BMT Amanah Cabang Ereke Buton Utara dan strategi yang efisien untuk mendapatkan nasabah yaitu sosialisasi pada masyarakat umum.BMT Amanah Cabang Ereke Buton Utara dalam menjalankan strategi pemasarannya BMT Amanah mendapatkan beberapa kendala yakni kendala internal dan kendala eksternal.Kendala internal yang dihadapi, kurangnya SDM dan promosi tabungan pendidikan di BMT Amanah Cabang Ereke masih belum mencapai maksimal. Solusi atas kendala tersebut yaitu melakukan pengrekrutan karyawan dan meningkatkan promosi tabungan pendidikan.Sedangkan kendala eksternalyaitu menanamkan kepercayaan terhadap orang lain untuk menabung ke BMT Amanah tidaklah mudah, dalam melakukan pemasaran dengan pihak sekolah terkadang masih ditolak, dan persaingan dengan lembaga keuangan sejenis dan solusinya meningkatkan penjelasan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang BMT Amanah, menunjukan performance yang baik kepada calon mitra dan meningkatkan pelayanan dan menciptakan citra yang baikkepada nasabah maupun calon nasabah. Kata Kunci : Stratgi pemasaran, simpanan untuk pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: strategi pmasaran, simpanan pendidikan, perbankan
Subjects: Manajemen
Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Jul 2019 01:05
Last Modified: 23 Jul 2019 01:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item