Husnul Mulia Citra 15010101057, H (2019) PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN PADA SISWA SMP NEGERI 1 KULISUSU UTARA KABUPATEN BUTON UTARA. Skripsi thesis, IAN KENDARI.
|
Text
cover.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (488kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Husnul Mulia Citra, Nim. 15 01 01 01 057. “Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Smp Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara” (Dibimbing Oleh Bapak Dr. H. Nur Alim, M.Pd) Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa SMP Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Dengan permasalahan (a) Bagaimana Pelaksanaan dan pembinaan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 1 Kulisusu Utara Kab. Buton Utara, (b) Bagaimana bentuk-bentuk perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 1 Kulisusu Utara Kab. Buton, (c) Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi orang tua dalam mengajarkan alQur’an pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan pembinaan al-Qur’an pada anak, perhatian orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an anak di SMP Negeri 1 Kulisusu Utara, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi orang tua dalam mengajarkan alQur’an pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara atau interview. Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi (pengamatan), interview/wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini meliputi, kepala Desa, guru sekolah, guru mengaji, para orang tua dan siswa. Dijadikannya sebagai objek informan sebab peneliti menilai bahwa mereka inilah yang bekompeten memberikan keterangan atau data yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa Pelaksanaan dan pembinaan al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 1 Kulisusu Utara dilakukan dibeberapa tempat yakni di sekolah, di masjid dan ada pula anak yang belajar alQur’an melalui TPA/Rumah Qur’an Hasanah. Berkaitan dengan Bentuk-bentuk perhatian orang tua dalam mengajarkan al-Qur’an pada anak yaitu: menitipkan anak melalui tempat pengajian, pemberian hukuman dan hadiah serta menyediakan fasilitas belajarnya. Faktor pendukung yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan kemampuan mebaca al-Quran pada anaknya adalah faktor internal atau berasal dari dalam diri anak dan faktor eksternal atau dari luar diri anak yaitu faktor orang tua, faktor Lingkungan masyarakat dan faktor fasilitas. Adapun faktor penghambat yang dihadapi orang tua yaitu faktor anak, faktor orang tua dan faktor lingkungan. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Siswa SMP Negeri 1 Kulisusu Utara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | kemampuan membaca, al-quran, pendidikan anak |
Subjects: | Pendidikan Al-Qur'an Pendidikan Islam Islam (Umum) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 30 Aug 2019 02:50 |
Last Modified: | 30 Aug 2019 02:50 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/1875 |
Actions (login required)
View Item |