AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KONSEP ADIWIYATA DALAM MENCIPTAKAN GREEN SCHOOL DI SMAS IDHATA KENDARI

DEWI YULISTINA, NIM : 12010101099 (2016) AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KONSEP ADIWIYATA DALAM MENCIPTAKAN GREEN SCHOOL DI SMAS IDHATA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Yulistina. Nim. 12010101099 “Aktualisasi Pendidikan Agama Islam Pada Konsep Adiwiyata dalam Menciptakan Green School Di SMAS Idhata Kendari” Dibimbing Oleh: Dr. H. Pairin, M.A dan Jumardin La Fua, S.Si., M.Si Selaku Pembimbing I dan Pembimbing II. SMAS Idhata Kendari adalah sekolah yang memakai konsep adiwiyata atau sekolah yang ramah lingkungan tentunya hal demikian tidak terlepas dari pendidikan agama Islam yang seharusnya ditanamkan karena banyak dalam Al-Quran dan Hadits yang mengajarkan bagaimana membangun etika hidup dalam berinteraksi dengan lingkungan. Sehingga peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana pendidikan Agama Islam yang berwawasan lingkungan yang ada di SMAS Idhata Kendari. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkap konsep pendidikan agama Islam dalam menciptakan Green School di SMAS Idhata Kendari (2) Untuk mengungkap strategi PAI pada konsep Adiwiyata dalam menciptakan Green School di SMAS Idhata Kendari (3) Untuk mengetahui implementasi PAI pada konsep adiwiyata dalam menciptakan Green School di SMAS Idhata Kendari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan i yang peneliti dapatkan. Penelitian ini bersifat field research. Teknik pemendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai sifat tertentu sesuangumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilanjutkan teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam pada aspek kurikulum berbasis lingkungan dilakukan melalui kegiatan pembiasan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, visi, misinya dan tujuan berbasis lingkungan dan strateginya dilakukan melalui pelatihan sosialisasi dalam bentuk workshop, baliho, tulisan-tulisan cinta lingkungan seperti puisi, pantun, yang terlihat pada mading sekolah. Sedangkan program pengelolaan lingkungan yang diadakan di SMAS Idhata Kendari yaitu menerapkan konsep 3R (recikle, reuse dan reduce). Implementasinya melibatkan siswa dalam pembersihan lingkungan sekolah, penanaman pohon dan fasilitas pendukungnya yaitu tersedianya tempat sampah, air bersih, sapu, pel, WC, tersedianya taman baca siswa, perkebunan siswa, ruang terbuka hijau dan tersedianya kantin sekolah yang sehat dan bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Pairin, M.A dan Jumardin La Fua, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: AKTUALISAS,I PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, GREEN SCHOOL
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:54
Last Modified: 18 Sep 2017 01:54
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item