MENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 11 KENDARI BARAT

WA SANTI 15010104055, W (2019) MENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 11 KENDARI BARAT. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTRA PUSTAKA LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wa Santi, NIM. 15010104055 “Meningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Strategi Role Playing pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 11 Kendari Barat” dibimbing oleh Rasmi S.Ag., M.Si Hasil penelitian, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Kendari, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi role playing di SD Negeri 11 Kendari Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK ). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam 4 (empat ) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2019 hingga 11 Maret 2019. Perlu diketahui, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit (2 kali pertemuan ), dimana pertemuan dalam setiap siklus diajarkan materi pembelajaran yang berbeda. Setelah dilaksanakan tindakan dan observasi dalam setiap siklusnya terdapat peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa. Penerapan strategi rolle playing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pada siklus I pertemuan pertama siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan strategi role playing sebesar 50%, sementara pada pertemuan kedua menjadi 68%. Namun peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 59% belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan dengan kategori baik atau sebesar 80 persen keatas, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan strategi role playing sebesar 82%, meningkat menjadi 86% pada pertemuan kedua. Hasil analisis siklus II menunjukan bahwa telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori baik atau sebesar 80% keatas yakni, mencapai 84%. Dengan demikian, penerapan strategi rolle playing dalam mata pelajaran IPS pada kelas IV SDN 11 Kendari Barat berhasil diterapkan sesuai yang diharapkan. Kata kunci: Keaktifan Belajar, Metode Role Playing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STRATEGI ROLE PLAYING , SDN 11 KENDARI BARAT
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 20 Dec 2019 06:09
Last Modified: 20 Dec 2019 06:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item