MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA MTS LEMO BAJO KONAWE UTARA

SULWAN 14010101064, S (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA MTS LEMO BAJO KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER ABSTRAK DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sulwan, NIM. 14010101064 Dengan Judul “Meningkatkan Hasil Belajar SKI Melalui Pembelajaran Kooperatin Tipe NHT Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas II MTs Lemo Bajo Konawe Utara” Di Bimbing Oleh Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag: NIP: 1963 1223 1991 022 003 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Adapun nasalah dalam penelitian ini dibatasi pada hasil belajar SKI siswa dapat ditingkatkan pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Kelas VIII Mts Lemo Bajo Konawe Utara? Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan proses pengkajian yang melui tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksut dengan memberikan gambaran peningkatan kualitas belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together serta menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan aktifitas guru dan siswa terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari pra-siklus sampai sikls II. Hal ini sesuai dengan hasil pada peninglatan tiap siklus. Model pembelajaran kooperatif tipe number head together menggunakakan meda gambar dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar dengan nilai ketuntasan siswa pada pra-siklus dengan jumlah nilai 1812, nilai ratarata 7,248%, nilai ketuntasan 36%, dan nilai ketidak tuntasan 64%. Pada pelaksanaan tindakan siklus I memiliki peningkata hasil beajar dengan jumlah nilai 1929, nilai rata-rata 7,716%, nilai ketuntasan 68% dan nilai ketidak tuntasan 32 % memikili peningkatan secara signifikan dari pra-siklus ke siklus I sebanyak 6,456%, dan Pada pelaksanaan tindakan siklus II memiliki peningkata hasil beajar dengan jumlah nilai 2014, nilai rata-rata 8,056 %, nilai ketuntasan 92% dan nilai ketidak tuntasan 8 %, peningkata secara klasikal dari siklus I ke suklus II adalah 4,406%. Dalam hal ini penerapan pembelajaran Koopetaf Tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Mts Lemo Bajo. Kata kunci: Hasil Belajar SKI, Kooperatin Tipe NHT, Media Gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT),MEDIA GAMBAR , MTS LEMO BAJO KONAWE UTARA
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 20 Dec 2019 06:15
Last Modified: 20 Dec 2019 06:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item