RUSMIN. NIM: 14010103008, R (2019) POLA KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN IKLIM KERJA YANG KONDUSIF DI MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFI’IYAH KENDARI. Skripsi thesis, IAN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTRA PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK RUSMIN. NIM: 14010103008 “POLA KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN IKLIM KERJA YANG KONDUSIF DI MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFI’IYAH KENDARI”. Dibimbing oleh Badarwan, S.Pd.I M.Pd Penelitian ini berkenaan dengan Pola komunikasi kepala madrasah dalam membangun iklim kerja yang kondusif di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syafi’iyah Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pola komunikasi yanng diterapkan oleh kepala madrasah dalam membangun iklim kerja yang kondusif. Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah tentang: 1. Gambaran iklim kerja yang ada di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syafi’iyah Kendari. 2. Pola komunikasi yang digunakan oleh kepala madrasah dalam membangun iklim kerja yang kondusif di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syafi’iyah Kendari. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan jenis data kualitatif dan sumber data terdiri dari dua yakni sumber data primer yang mencakup wawancara kepada kepala madrasah, guru, staf administrasi, siswa-siswi dan orang tua siswa. Adapun sumber data sekunder yakni beberapa literatur atau referensi buku, jurnal dan website. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi (triangulasi teknik, triangulagi sumber dan triangulasi waktu ). Adapun hasil penelitian ini, yakni kepala madrasah menggunakan pola komunikasi verbal secara langsung dan tidak langsung kepada yayasan, guru, staf administrasi, siswa-siswi dan orang tua siswa. Selain itu, madrasah juga membuat aturan atau tata tertib bagi guru, staf administrasi dan juga siswa-siswi. Iklim kerja yang ada di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syafi’iyah Kendari dapat dikatakan kondusif. Hal ini ditandai dengan hubungan dan kerjasama yang baik antara komponen-komponen madrasah, yakni yayasan, kepala madrasah, guru, staf administrasi, siswa-siswi dan juga orang tua siswa. Disisi lain juga karena keberadaan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Hal ini ditandai dengan banyaknya sarana dan prasarana yang sudah terealisasi, sehingga cukup realistis untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif di Madrasah Tsanawiyah AsySyafi’iyah Kendari. Pelaksanaan pola komunikasi kepala madrasah secara verbal, baik langsung maupun tidak langsung, dan kolaborasinya dengan aturan tata tertib madrasah sangat efektif dan realistis dalam membangun iklim kerja yang kondusif di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syafi’iyah Kendari. Hal ini terlihat dari hubungan kerjasama yang baik diantara komponen-komponen madrasah. Sehingga dari berbagai aspek, baik aspek akademik maupun non akademik dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini karena adanya pola atau metode hubungan komunikasi yang baik diantara kepala madrasah dengan yayasan, para guru dan staf administrasi, dan juga kepada siswa dan orang tua siswa, sehingga iklim kerja yang kondusif di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syafi’iyah Kendari selalu tercipta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | POLA KOMUNIKASI, MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAFI’IYAH KENDARI |
Subjects: | Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 05:47 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 05:47 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2219 |
Actions (login required)
View Item |