PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CETAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 14 KONAWE SELATAN

TIYA INDAH CAHYANI NIM : 15010101070, T (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CETAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 14 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI ABSTRAK.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tiya Indah Cahyani1501010101070.Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD )Dengan Menggunakan Media Cetak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 14 Konawe Selatan. Dibimbing Oleh Ibu Raehang, S.Ag, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMAN 14 Konawe Selatan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dengan menggunakan media cetak. Penelitian ini membahas tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD )dengan menggunakan media cetak untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa sman 14 konawe selatan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMAN 14 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK )dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah di dalam kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam PTK ditekankan pada proses pelaksanaaan pembelajaran dalam kelas itu baik dan benar, dengan harapan jika pelaksanaan pembelajaran dalam kelas itu baik dan benar maka hasil belajar siswa yang bersangkutan akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran mulai menunjukkan respon positif terhadap arahan dari guru untuk aktif dalam proses pembelajaran. (2) Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMAN 14 Konawe Selatan mulai menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dengan presentase peningkatan 73,91 % pada siklus I dan 91,30 % pada siklus II. (3) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dengan menggunakan media cetak siswa SMAN 14 Konawe Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yakni mengalami peningkatan 73,91% dengan nilai rata-rata 81,08 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 91,30% dengan nilai rata-rata 81,34% dan telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85%. Sehingga kegiatan pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) menggunakan media cetak dapat meningkatkan hasil belajar SMAN 14 Konawe Selatan. Kata Kunci : Student Teams Achievement Division ,Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD), SMAN 14 KONAWE SELATAN
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:34
Last Modified: 26 Dec 2019 06:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item