MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS IVB SDN 38 LAURU KECAMATAN RUMBIA TENGAH KABUPATEN BOMBANA

Ardiana, NIM. 15010104065, A (2019) MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS IVB SDN 38 LAURU KECAMATAN RUMBIA TENGAH KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER ABSTRAK DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ardiana, NIM. 15010104065 “Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV B SDN 38 Lauru Kec. Rumbia Tengah Kab. Bombana” dibimbing oleh Prof. Dr. H. Zulkifli M., M.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran PAI kelas IV B SDN 38 Lauru dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament, pada mata pelajaran PAI kelas IV B di SDN 38 Lauru Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang dimana terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV B yang berjumlah 22 siswa. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, hasil evaluasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas IV B SDN 38 Lauru siswa dapat termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran; model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 38 Lauru pada tiap siklus, dimana pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 45,45% dengan nilai rata-rata adalah 68. Setelah pelaksaan tindakan siklus I presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 72,27% dengan nilai rata-rata adalah 78,18. Kemudian dilanjutkan pada siklus II presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 86,36% dengan nilai rata-rata 87,5. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mencapai 59,00% siklus I ke siklus II sebesar 11,76%. Dengan demikian, hasil belajar siswa telah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament, hasil belajar, Pelajaran PAI, materi Q.s al-Falaq dan Q.s al-Ma’un.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT , SDN 38 LAURU KECAMATAN RUMBIA TENGAH KABUPATEN BOMBANA
Subjects: Komunikasi
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:27
Last Modified: 02 Jan 2020 08:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item