MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS Vb MIN 1 KENDARI

HARTATI, NIM. 15010104067,, H (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS Vb MIN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HARTATI, NIM. 15010104067, Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vb MIN 1 Kendari, (Dibimbing Oleh: Aliwar, S.Ag, M.Pd). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif learning (membentuk kelompok) di kelas Vb MIN 1 Kendari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia; 2. Apakah dengan meningkatkan efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif (Kooperative Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Kooperatif Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas Vb MIN 1 Kendari, dan untuk megetahui model pembelajaran Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb MIN 1 Kendari Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vb pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Kooperatif Learning terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui model pembelajaran Kooperatif Learning ketuntasan siswa mencapai 52% dengan nilai rata-rata 68,8. Kemudian dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 60% dengan nilai rata-rata 72,4. Namun belum mencapai indicator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II . Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan mencapai 84,61% dengan nilai rata-rata 81,53. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus Ipertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 83,3% dan aktivitas siswa mencapai 75%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I aktivitas guru mencapai 87,5% dan aktivitas siswa mencapai 85%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktvitas guru mencapai 95,83% dan aktivitas siswa mencapai 95%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 100% dan aktivitas siswa mencapai 100%. Kata kunci: Model Kooperatif Learning, Hasil belajar Bahasa Indonesia, MIN 1 Kendari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MODEL KOOPERATIF LEARNING , MIN 1 KENDARI
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:48
Last Modified: 02 Jan 2020 08:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item