MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS IV DI SD NEGERI 8 RANOMEETO

SUARNI, NIM.14010104022, S (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS MURID KELAS IV DI SD NEGERI 8 RANOMEETO. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER ABSTRAK DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SUARNI, NIM.14010104022, Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Murid Kelas Iv Sd Negeri 8 Ranomeeto, (Dibimbing Oleh:Dra. St Fatimah Kadir.M.A). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.Bagaimana proses pembelajaran dalam menggunakan metode mind mapping pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 8 Ranomeeto; 2.Apakah hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV 8 Ranomeeto dapat ditingkatkan melalui penerapan Mind Mapping.Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 8 Ranomeeto tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran mind mapping terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui metode pembelajaran Mind Mapping ketuntasan siswa hanya mencapai 46,15% dengan nilai rata-rata 62,15. Kemudian dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 60% dengan nilai rata-rata 69. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 85% dengan nilai rata-rata 75. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 66,67% dan aktivitas siswa mencapai 70%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 79,16% dan aktivitas siswa mencapai 80%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 87,5% dan aktivitas siswa mencapai 90%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 95,83% dan aktivitas siswa mencapai 100%. Kata Kunci: Model Mind Mapping, Hasil Belajar IPS, SDN 8 Ranomeeto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HASIL BELAJAR, METODE MIND MAPPING, MURID KELAS IV DI SD NEGERI 8 RANOMEETO
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Feb 2020 00:57
Last Modified: 17 Feb 2020 00:57
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item