PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN

Sarmahenda, NIM. 15010104043, S (2020) PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 1 MBANUA DI KECAMATAN SIOMPU BARAT KABUPATEN BUTON SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN'.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sarmahenda, NIM. 15010104043 “Peran Dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SDN 1 Mbanua. “ dibimbing Oleh Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I Skripsi ini membahas tentang Peran Dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SD Negeri 1 Mbanua Kecamatan Siompu Barat di Kabupaten Buton Selatan. Dengan permasalahan (a ) Bagaimana Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an, Bagaimana kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa di SD Negeri 1 Mbanua dalam membaca Al-Qur’an. Dalam kesulitan-kesulitan tersebut dapat diketahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru agama Islam untuk membantu siswa agar mampu membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara atau interviw. Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi (pengamatan ), interviw/wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan sumber data dalam penelitian ini meliputi, guru agam Islam. Di jadikannya sebagai objek informan sebab peneliti menilai bahwa guru agama Islam inilah yang bekompeten memberikan keterangan atau data yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Peran dan Strategi guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Mbanua sangat optimal untuk peserta didik, karena disinilah dimana guru dituntut, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa-siswi meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, pengenalan tanda baca, dan kelancaran dalam membaca, strategi-strategi yang sudah dilakukan oleh para agama Islam di SD Negeri 1 Mbanua di antaranya tadarus Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, memberikan jam tambahan di luar jam sekolah dan pemberian tugas yang dapat merangsang siswa agar mampu membaca Al-Qur’an. Kata Kunci : Mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kesulitan siswa membaca Al-Qur’an.PENDIDIKAN , PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Uncontrolled Keywords: kesulitan siswa membaca Al-Qur’an.PENDIDIKAN , PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Agama
Pendidikan
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:14
Last Modified: 18 Feb 2021 03:30
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item