Rabiatul Hadawiyah NIM. 15010103004,, R (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH DI SMP NEGERI 17 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DA ABSTRAK.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rabiatul Hadawiyah NIM. 15010103004, Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Di SMP Negeri 17 Kendari. Dibimbing oleh: Dr. Sitti Nurfaidah, M.Ed Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan profesionalisme guru melalui upaya peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah, upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah, serta kendala yang dihadapi guru dan bagaimana solusinya dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah guru di SMP Negeri 17 Kendari. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hal ini dilakukan terhadap guru SMP Negeri 17 Kendari lalu dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman dengan beberapa tahapan, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan profesionalisme guru melalui upaya peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah di SMP Negeri 17 Kendari dilakukan dengan mengikuti pelatihan pada tingkat kota, provinsi bahkan nasional. Selain itu strategi setiap guru dalam pengembangan profesionalisme berbeda-beda. Terkait upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah di SMP Negeri 17 Kendari, banyak cara yang mereka lakukan salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan pengembangan sertifikasi guru dan pelatihan pengembangan lainnya. Kendala yang dihadapi guru dan solusinya dalam menulis karya ilmiah tidak terlepas dari masalah pembiayaan. Hal ini juga tidak terlepas dari tanggung jawab sekolah, namun guru-guru sadar pembiayaan untuk penelitian besar sehingga guru-guru memiliki cara sendiri untuk menutupi kekurangan dana, selain itu kekurangan referensi pun jadi persoalan guru dalam menulis karya ilmiah. Hal ini diatasi dengan cara guru membeli buku sendiri dan juga mencari referensi dari berbagai sumber. Kata Kunci: Pengembangan Profesionalisme guru, karya ilmiah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pengembangan Profesionalisme guru, karya ilmiah, SMP N 17 KENDARI |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Profesionalisme guru, karya ilmiah, SMP N 17 KENDARI |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 08:22 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 02:43 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2350 |
Actions (login required)
View Item |