MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 09 BOMBANA

SALMA, Nim 15010109003,, S (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 09 BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SALMA, Nim 15010109003, Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnaments (TGT ) Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 09 Bombana, (Dibimbing Oleh: Ir. Hj Ety Nur Inah M.Si), Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action reseach.rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga yaitu: (1) Bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) di kelas X IPA SMAN 09 Bombana?, (2) Bagaimana hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA SMA Negeri 09 Bombana dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT)?, (3) Apakah dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 09 Bombana?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 09 Bombana pada siswa kelas X IPA Seruni pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah murid 22 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksana tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Faktor yang diselidiki yakni faktor siswa dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% siswa memperoleh ≥70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada evaluasi awal nilai yang diperoleh siswa rata-rata 53,64 pada akhir siklus I nilai siswa menunjukkan peningkatan menjadi 73,2 dengan 14 orang siswa (63,64%) memperoleh niai ≥70. Sementara aktivitas belajar siswa pertemuan 1 (68,6) dan pertemuan kedua (70,4). Aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh nilai (61,2), pertemuan keduan(64,9). Pada siklus II perolehan nilai siswa kembali menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata peroleha siswa 77,3 dengan 18 orang siswa (81,82%) memperoleh ≥70. Aktivitas siswa dalam siklus II juga menunjukkan peningkatan menjadi pertemuan 1 (77,7), pertemuan kedua 81,5. Aktivitas guru selama proses pembelajaran juga menunjukkan peningkatan menjadi 78,6 pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 adalah 86,2. Dengan demikian strategi pembelajaran Teams Games Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA Seruni SMA Negeri 09 Bombana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS, PELAJARAN FISIKA
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS, PELAJARAN FISIKA
Subjects: Fisika
Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Mar 2020 02:16
Last Modified: 18 Feb 2021 02:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item