PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEM ATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KONAWE SELATAN

WA SALMI RUMBIA, NIM 15010110006, W (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEM ATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (967kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK WA SALMI RUMBIA, NIM 15010110006. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemampuan Komunikasi matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Konawe Selatan. Dibimbing oleh Sri Anandari Safaria, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Konawe Selatan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Konawe Selatan terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random dan diperoleh siswa kelas VIIF berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan pembelajaran pendekatan contextual teaching and learning dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajran konvensional. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian memperoleh data skor rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL )sebesar 15,35 dan skor rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajar dengan menggunakan model konvensional sebesar 13,08. Penerapan pendekatan contectual teaching and learning (CTL ) berpengaruh lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL ), Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL ), Kemampuan Komunikasi Matematis
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL ), Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Matematika
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:32
Last Modified: 18 Feb 2021 02:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2403

Actions (login required)

View Item View Item