NILAI-NILAI ISLAM PADA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA DI SMK NEGERI 01 BOMBANA KECEMATAN RAROWATU UTARA KABUPATEN BOMBANA

Ardiana, Nim 15010101031, A (2020) NILAI-NILAI ISLAM PADA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA DI SMK NEGERI 01 BOMBANA KECEMATAN RAROWATU UTARA KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTARK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ardiana, Nim 15010101031, Judul : “Nilai-Nilai Islam Pada Pendidikan Multikultural Siswa di SMK Negeri 01 Bombana Kecematan Rarowatu Utara Kabupaten Bomban”, dibimbing oleh Dr. Abbas, S.Ag., M.A. Penelitian ini bermaksud mengemukakan secara kualitatif tentang nilainilai Islam pada pendidikan multikultural siswa di SMK Negeri 01 Bombana Kecematan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana, masalah ini sangat urgen untuk dikaji secara ilmiah. Penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu 1) Nilai-nilai Islam apa sajakah pada pendidikan multikultural siswa di SMK Negeri 01 Bombana Kecematan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana ? 2)Bagaimanakah penerapan nilai-nilai Islam pada pendidikan multikultural siswa di SMK Negeri 01 Bombana Kecematan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana ?. Peneliti ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi yaitu pengamatan secara langsung dilapangan, interview yaitu mengadakan wawancara secara langsung dengan melakukan tanya jawab dengan responden, dan dokumentasi yaitu mencatat dokumen-dokumen yang berhubungan dengan isi skripsi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Nilai-nilai Islam pada pendidikan multikultural siswa di SMK Negeri 01 Bombana sebagai berikut nilai toleransi, nilai demokratis, nilai kesetaraan dan nilai keadilan. 2. Penerapan nilai-nilai Islam pada pendidikan multikultural siswa di SMK Negeri 01 Bombana diwujudkan melalui (1) Penerimaan siswa baru bahwa dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru dapat dilaksanakan dengan tanpa membedabedakan latar belakang siswa dari suku, ras, dan agamanya. Penerapan nilai-nilai multikutural disekolah adalah merangkul dan menghargai segala bentuk keragaman suku, ras, dan agama. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk memperoleh pendidikan yang sama; (2) Pelaksanaan pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural dapat diwujudkan dalam pendalaman materi tentang toleransi kehidupan beragama dan kehidupan sosial, serta mempraktekannya dalam bentuk menjunjung tinggi nilai saling menghargai, menunjukan sikap menghargai, terbuka dalam sikap kasih sayang, serta resolusi konflik. Penerapan nilai-nilai multikultural peserta didik sebagai hasil dari implementasi pendidikan agama Islam dapat diwujudkan dalam bentuk toleransi kehidupan beragama dalam kehidupan antara semua civitas dalam kehidupan sehari- hari di lingkungan sekolah. Kata Kunci : Nilai-Nilai Islam Pada Pendidikan Multikultural Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nilai-Nilai Islam Pada Pendidikan Multikultural Siswa
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Islam Pada Pendidikan Multikultural Siswa
Subjects: Budaya Organisasi
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 18 Mar 2020 03:15
Last Modified: 18 Feb 2021 01:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item