PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SD NEGERI 8 KASIPUTE KABUPATEN BOMBANA

MAPPE, NIM: 14010101020 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SD NEGERI 8 KASIPUTE KABUPATEN BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mappe Nim. 14010101020. “Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Penggunaan Media Audio Visual di Kelas II SD Negeri 8 Kasipute Kabupaten Bombana” melalui bimbingan Syahrul Marham, S.Pd.I, M.Pd. Pembelajaran seringkali mengalami banyak hambatan sehingga pesan-pesan pembelajaran tidak dipahami dengan baik oleh siswa. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Diantara jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media audio visual. Media audio visual sangat baik untuk digunakan di kelas karena media tersebut dapat merangsang fungsi indra pendengaran dan penglihatan sekaligus. Karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri 8 Kasipute. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas II SD Negeri 8 Kasipute Kabupaten Bombana. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Prosedur penelitian ini dilaksanakan secara berdaur dan terdiri dari dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas II SD Negeri 8 Kasipute Kabupaten Bombana. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. Sebelum pelaksanaan tindakan, nilai rata-rata siswa sebesar 69,25 dengan persentasee ketuntasan sebesar 70%, namun setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,40 dan persentase ketuntasan belajar juga meningkat menjadi 85% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%. Pencapaian tersebut, telah melampaui indikator kinerja penelitian yaitu “75% siswa mengalami ketuntasan belajar” sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima yang artinya penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas II SD Negeri 8 Kasipute.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Syahrul Marham, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PAI, MEDIA AUDIO VISUAL
Subjects: Filsafat dan Perkembanganya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:12
Last Modified: 27 Sep 2017 06:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item