PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG KENDARI

AYU TAVANA SARI NIM. 15050102089, A (2020) PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DARAT ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayu Tavana Sari, NIM.15050102089 “Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Memilih Produk Pembiayaan Mikro Pada Bank Syariah Mandiri” Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Melalui Bimbingan Bapak Dr. Husain Insawan, M.Ag Dan Bapak Dr. H. Rusdin Muhalling, M.Ei Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Kendari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model ekonometrika yang dimaksudkan untuk menguji pengaruh bauran promosi yang ditinjau dari personal selling terhadap keputusan pengambilan produk pembiayaan di Bank Mandiri Syariah. Adapun lokasi penelitian ini di lakukan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pembiayaan Mikro pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kendari yakni sebanyak 150 orang nasabah, dengan metode sampling yakni menggunakan sensus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Metode analisis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasilnya ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara personal selling terhadap keputusan pemilihan pembiayaan Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Kendari, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan SPSS yang menunjukkan nilai signifikan 0,00 yang berarti < 0.05. Hal ini bermakna bahwa setiap adanya peningkatan yang dilakukan Bank Mandiri Syariah Cabang Kendari pada kegiatan promosi yakni personal selling maka akan berdampak pula pada peningkatan keputusan pemilihan produk pembiayaan syariah di Bank Mandiri Syariah Cabang Kendari. Bahkan lebih lanjut diuraikan pula bahwa berdasarkan hasil analisis korelasi maka ditemukan bahwa pencapaian nilai antara personal selling terhadap keputusan pemilihan pembiayaan nasabah adalah sebesar 0,678 yang menunjukkan bahwa korelasi/hubungan adalah korelasi/hubungan kuat. Melalui adanya peran personal selling maka akan tercipta hubungan secara langsung antara karyawan perbankan dengan nasabahnya, bahkan dapat dikatakan bahwa dalam mengenalkan suatu produk, tenaga penjual berhadapan langsung dengan konsumen, tenaga penjual berbicara langsung dengan pembeli dan tenaga penjual (karyawan) bisa dapat mengetahui banyak informasi atas nasabah. Hal ini untuk mempengaruhi konsumen sehingga bersedia melakukan transaksi dengan pihak perusahaan. Seorang tenaga penjual yang baik tidak hanya berusaha mengenali konsumen, tetapi diharapkan dapat membantu pelanggan yakni memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh konsumen. Kata Kunci : Personal Selling, Keputusan Pembelian, Pembiayaan Bank Syariah Mandiri. ABSTRACT Ayu Tavana Sari, NIM.15050102089 “The Influence of Personal Selling Against the Decision of Choosing Micro Financing Products at MandiriSyariah Banks”,Islamic Banking Study Program Faculty of Economics and Islamic Business Through the Guidance of, Mr. Dr. Husain Insawan, M.Ag and Mr. Dr. H. RusdinMuhalling, M.Ei This study aims to determine the effect of personal selling on the decision to take financing products in Bank SyariahMandiri, Kendari City Branch. The research approach used in this study is a quantitative approach using an econometric model that is intended to examine the effect of the promotional mix in terms of personal selling to the decision making of financing products at Bank MandiriSyariah. The location of this research was conducted at KendariSyariah Bank Mandiri Branch. The population in this study is the micro financing customers at Bank SyariahMandiriKendari Branch as many as 150 customers, with a sampling method that is using a census. The data collection method in this study is using a questionnaire using a Likert scale. The analytical method in this study is simple linear regression. Based on the results it was found that there was a significant influence between personal selling on the financing decision of the Bank SyariahMandiri (BSM) Kendari Branch, this was evidenced from the SPSS calculation results which showed a significant value of 0.00 which means <0.05. This means that any increase made by KendariMandiriSyariah Branch Bank in promotional activities, namely personal selling, will also have an impact on increasing the decision of sharia financing product selection in KendariSyariahMandiri Bank Branch. It was even further explained that based on the results of the correlation analysis it was found that the achievement of value between personal selling to customer financing selection decisions amounted to 0.678 which indicates that the correlation / relationship is a correlation / strong relationship. Through the role of personal selling, there will be a direct relationship between banking employees and their customers, it can even be said that in introducing a product, salespeople face to face with consumers, salespeople talk directly with buyers and salespeople (employees) can find out a lot of information on customers. This is to influence consumers so that they are willing to make transactions with the company. A good salesperson is not only trying to recognize consumers, but is expected to help customers by providing solutions to problems faced by consumers. Keywords: Personal Selling, Purchasing Decisions, Bank SyariahMandiri Financing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Personal Selling, Keputusan Pembelian, Pembiayaan Bank Syariah Mandiri.
Uncontrolled Keywords: Personal Selling, Keputusan Pembelian, Pembiayaan Bank Syariah Mandiri.
Subjects: Fiqhi
Bank
Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2020 01:39
Last Modified: 10 Aug 2020 01:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item View Item