PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO DI KELAS I SD NEGERI 19 BARUGA KOTA KENDARI

DAHLIA, NIM. Kl.14010101024 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO DI KELAS I SD NEGERI 19 BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
1.COVER SKRIPSI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dahlia Nim. 14010101024. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Penerapan Strategi The Power of Two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Melalui bimbingan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan strategi pembelajaran the power of two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Siklus penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga. Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil evaluasi pra tindakan diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 68,73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 71,68 dan persentase ketuntasan sebesar 72,73%. Mengingat persentase ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mencapai 76,95 dan persentase ketuntasan sebesar 90,91%. Persentase ketuntasan belajar tersebut telah melampaui indikator kinerja yang mensyaratkan “75% dari siswa mengalami ketuntasan belajar”. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi the power of two berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MATA PELAJARAN PAI
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:47
Last Modified: 28 Sep 2017 00:47
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item