Rinda Natasya Arindi NIM. 16010107001., R (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI MTs NEGERI 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
Cover dalam 1.1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Cover dalam 1.1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE - Copy.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI Rinda 7.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL Rinda 8.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR Rinda 9.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN Rinda 10.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR Rinda 5.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI 2.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS 3.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT Translation.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pdf.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Pdf.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Pdf.pdf Download (892kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
||
|
Text
BAB V Pdf.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rinda Natasya Arindi NIM. 16010107001. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Di MTs Negeri 1 Kendari. Dibimbing Oleh: Ismaun, S.Si., M.Si Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu di MTs Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan model rancangan Control Group Posttest Design. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Instrumen yang digunakan adalah hasil tes belajar kognitif siswa dengan materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Populasi penelitian adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian adalah kelas VIII.3 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.10 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol, yang diperoleh melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan rata-rata nilai posttest 70,933 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest 64,667. Kriteria penilaian keberhasilan belajar dalam penelitian eksperimen ini adalah baik, karena terdapat 80 % siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu 67 dari jumlah keseluruhan siswa. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu, ditunjukkan pada hasil uji t hitung = 5,684 > t tabel = 1,67. Kata Kunci : Hasil belajar, model Think Pair Share (TPS), sistem pernapasan pada manusia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Hasil belajar, model Think Pair Share (TPS), sistem pernapasan pada manusia |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, model Think Pair Share (TPS), sistem pernapasan pada manusia |
Subjects: | Ilmu Terapan Pendidikan Ilmu Murni |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 02:20 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 02:20 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2771 |
Actions (login required)
View Item |