PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAMMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SATAP 02 KONSEL KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONSEL

Reski Setia Amalia. NIM. 16010104011., R (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAMMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SATAP 02 KONSEL KEC. RANOMEETO BARAT KAB. KONSEL. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reski Setia Amalia. NIM. 16010104011. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V di SDN SATAP 02 Konsel Kec. Ranomeeto Barat Kab. Konsel. Dibimbing oleh: Raehang, S.Ag., M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di kelas V SDN SATAP 02 Konsel pada tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Pada prosedur penelitian menggunakan skema PTK Kurt Lewin meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar kelas V SDN SATAP 02 Konsel. Hal ini dibuktikan pada hasil lembar observasi aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 67%, kemudian meningkat pada siklus II mencapai 86% dengan kategori Sangat Baik. 2)Model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SDN SATAP 02 Konsel dibuktikan pada sebelum tindakan nilai rata-rata sebesar 64,46 dengan persentase ketuntasan 60%. Setelah tindakan siklus I, memperoleh nilai rata-rata 77,25 dengan persentase ketuntasan 75%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II hasil belajar meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai 82,25 dengan presentase ketuntasan 81,25%. Kata kunci: Scramble, aktivitas, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Scramble, aktivitas, hasil belajar matematika.
Uncontrolled Keywords: Scramble, aktivitas, hasil belajar matematika.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:14
Last Modified: 05 Nov 2020 02:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item