PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 TIWORO TENGAH

Anis Ulfah. Nim. 16010101076., A (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 TIWORO TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 DAN 2.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anis Ulfah. Nim. 16010101076. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Tiworo Tengah Melalui Bimbingan Ibu Dr Hj St Kuraedah M. Ag Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran IOC pada mata pelajaran PAI kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tiworo Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran IOC pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Tiworo Tengah. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini, keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus tindakan yang telah dilakukan melalui Model Pembelajaran IOC. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang meningkat tiap siklusnya dimana pada siklus I pertemuan 1 keaktifan siswa sebesar 57,50% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 65%. Sedangkan pada siklus II lebih meningkat lagi, pada pertemuan 1 sebesar 82,50% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 95,50%. Untuk hasil belajar, dapat dilihat dari nilai pra siklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata pra siklus mencapai 55,43 dengan ketuntasan belajar mencapai 39,13% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 66,66% dengan nilai rata-rata persentase 73,95. Ketuntasan belajar setelah siklus II menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata 80,54. dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 75. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:39
Last Modified: 05 Nov 2020 03:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item