Rini. NIM. 16010108030., R (2020) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 MAWASANGKA TENGAH. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
10 BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
11 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
12 BAB V.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (973kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rini. NIM. 16010108030. Pengaruh Media Audiovisual Berbasis Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMAN 1 Mawasangka Tengah. Dibimbing oleh: Ir. Muragmi Gazali, M.Ed Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pretest dan posttest yang menggunakan media audiovisual berbasis scientific pada materi sistem ekskresi (kelas eksperimen), (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pretest dan posttest yang menggunakan media power point pada materi sistem ekskresi (kelas kontrol), (3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan media audiovisual dan media power point pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Mawasangka Tengah, dengan sampel sejumlah 50 orang siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu penggunaan media audiovisual berbasis saintifik (X) sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar Biologi siswa (Y). Instrumen pengumpulan data menggunakan tes (soal pilihan ganda). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media audiovisual berbasis saintifik mencapai rata-rata nilai 84,80 sedangkan siswa yang diajar tanpa menggunakan media audiovisual berbasis saintifik mencapai rata-rata 72,80 dengan tingkat signifikan 95%. Hal tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan media audiovisual berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia dengan siswa yang di ajar tanpa menggunakan media audiovisual berbasis saintifik di SMAN 1 Mawasangka Tengah. Kata Kunci: hasil belajar, audiovisual berbasis saintifik, sistem, sistem ekskresi manusia, SMAN 1 Mawasangka Tengah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | hasil belajar, audiovisual berbasis saintifik, sistem, sistem ekskresi manusia, SMAN 1 Mawasangka Tengah |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, audiovisual berbasis saintifik, sistem, sistem ekskresi manusia, SMAN 1 Mawasangka Tengah |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 01:42 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 01:42 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2830 |
Actions (login required)
View Item |