HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 KENDARI

Irene Rivika Rosa, 16010108003, I (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irene Rivika Rosa, 16010108003, Hubungan antara Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 Kendari, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing: Ir. Muragmi, Gazali, M. Ed. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan motivasi belajar, hubungan penggunaan gadget dengan hasil belajar, motivasi belajar dengan hasil belajar dan hubungan penggunaan gadget dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di MAN 1 Kendari. Penelitian ini menggunaakann jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MAN 1 Kendari dengan jumlah populasi sebanyak 288 siswa dan sampel sebanyak 74 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis desriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan gadget dan hasil belajar diperoleh r hitung 0,570 > r tabel 0,228 dan berada dikategori sedang, artinya penggunaan gadget memiliki hubungan yang positif; 2) motivasi belajar dan hasil belajar diperoleh nilai koefisiensi korelasi r hitung 0,293 > r tabel 0,228 dan berada dikategori lemah artinya penggunaan gadget memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar biologi di MAN 1 Kendari; 3) penggunaan gadget dan motivasi belajar diperoleh nilai yaitu r hitung 0,256 >r tabel 0,228, dan berada dikategori lemah, artinya penggunaan gadget memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar biologi di MAN 1 Kendari; 4) penggunaan gadget dan motivasi belajar dengan hasil belajar diperoleh nilai koefisiensi korelasi (Ry 1.2 ) sebesar dan 0,583 dan berada di kategori sedang, nilai F hitung sebesar 18,28, selanjutnya dikonsultasikan dengan F tabel pada db = 2/74 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh F tabel sebesar 3,12 sehingga F hitung > F tabel yaitu 18,28 > 3,12. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan penggunaan gadget dengan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di MAN 1 Kendari. Kata kunci: penggunaan gadget, motivasi belajar, hasil belajar ABSTRACT Irene Rivika Rosa , 16010108003, Relationship between the Use of Gadgets and Motivaton Learn to Student Learning Outcomes in Subjects Biology at MAN 1 Kendari, Biology Education of Studies Program, Teacher Training Education of Faculty, Islamic State Institute of Kendari, Supervisor: Ir. Muragmi, Gazali, M. Ed. This research aims to know relationship gadget with the motivation to learn, the relationship of use gadgets to learning outcomes, learning motivation and learning outcomes and relationships using gadgets with learning motivation and learning outcomes of students in the subjects of biology at MAN 1 Kendari. This research uses descriptive type of research with a quantitative approach. The research location in MAN 1 Kendari with a number of choices of 288 students and a sample of 74 students. Data collection techniques used were documentation and questionnaires, while data analysis techniques using analytical techniques desriptif and analysts is inferential. Results this research show that: 1) uses gadgets and learning outcomes obtained r count 0.570> r table 0,228 and in the medium category , meaning that the use of gadgets has a positive relationship; 2) motivation to learn and learning outcomes obtained values of correlation coefficient r count 0,293> r table 0, 228 and are categorized weak means the use of the gadget has a positive relationship to outcomes studied biology at MAN 1 Kendari; 3) the use of gadgets and learning motivation obtained values that are r count 0.256 > r table 0.228, and are in the category weak, meaning that the use of gadgets has a positive relationship with the results of learning biology in MAN 1 Kendari; 4) the use of gadgets and learning motivation with learning outcomes obtained by the correlation coefficient (Ry 1.2 ) of and 0.583 and are in the medium category, the calculated F value of 18.28, then consulted with the F table at db = 2/74 with a significance level 5% obtained F table of 3.12 so that the F count >F table is 18.28 > 3.12. This shows that there is a relationship between the use of gadgets with learning motivation and student learning outcomes in biology subjects at MAN 1 Kendari. Keyword: Gadget use, learning motivation, outcome learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: penggunaan gadget, motivasi belajar, hasil belaja
Uncontrolled Keywords: penggunaan gadget, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Ilmu Terapan
Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:09
Last Modified: 18 Feb 2021 00:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item