IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SMA NEGERI 4 KENDARI

REZKY AMALIA NIM: 12 01 01 01 044,, R (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SMA NEGERI 4 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK REZKY AMALIA NIM: 12 01 01 01 044, Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada SMA Negeri 4 Kendari Melalui bimbingan Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag dan Dra. Hj. St. Fatimah Kadir. M.A Skripsi ini mengkaji Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada SMA Negeri 4 Kendari dengan sasaran permasalahan (1) Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA Negeri 4 Kendari (2) Kendala apa yang dihadapi oleh guru PAI dalam penerapan Pendekatan Saintifik dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan dan trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI MIA Olimpiade SMA Negeri 4 Kendari terdiri dari tiga bagian utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, pendekatan saintifik telah terlaksana dengan baik yang ditandai dengan nampaknya sebagian besar kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik namun dalam pelaksanaannya belum secara maksimal. Kendala Penerapan Pendekatan saintifik yaitu pada saat kegiatan menanya tidak semua siswa berani untuk bertanya dan berpendapat, pada kegiatan menalar siswa masih kurang aktif untuk bekerja sama dengan kelompoknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKHLAK, PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Nov 2020 08:31
Last Modified: 18 Feb 2021 00:18
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2889

Actions (login required)

View Item View Item