PenerapanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Pada Bidang studi PAI Di SD Negeri 03 Ranomeeto

Katiyem, NIM.16010104070, K (2020) PenerapanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Pada Bidang studi PAI Di SD Negeri 03 Ranomeeto. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABTRAK.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Katiyem, NIM.16010104070 “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkanhasil belajarPeserta didik pada bidang studi paiKelas v sdn 03 ranomeetoKab. Konawe selatan (Dibimbing oleh DR, SUPRIANTO,S.Ag.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peseta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dengan jumlah peserta didik 34 orang terdiri dari 17 laki-lakidan 17 perempuan. Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada bidang studi PAI di kelas V SDN 3 Ranomeeto, dan apakah hasil belajar pembelajaran PAI dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Kelas V SDN 3 Ranomeeto? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untu kmemberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan lembar observasi aktifitas guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Hasil belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didk kelas V SDN 3 Ranomeeto melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan yang signifikan. hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata prasiklus mencapai 70,79 dengan ketuntasan belajar mencapai 41,17% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 70,58% dengan nilai rata-rata 74,41. Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 91,17% dengan nilai ratarata 77,29. Adapun peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus II sebesar 90,17%. Kata Kunci: Kooperatif tipe jigsaw dan Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kooperatif tipe jigsaw dan Hasil belajar
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe jigsaw dan Hasil belajar
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:26
Last Modified: 14 Dec 2020 02:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2907

Actions (login required)

View Item View Item