POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA BEDA AGAMA DI KELURAHAN UEPAI KECAMATAN UEPAI KABUPATEN KONAWE

Sarlinda, NIM 16010101111, S (2020) POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA BEDA AGAMA DI KELURAHAN UEPAI KECAMATAN UEPAI KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sarlinda, NIM 16010101111, Pendidikan Agama Islam Pada Anak dalam Keluarga Beda Agama, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KeguruanInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui bimbingan Dr. Masdin, M.Pd Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga beda agama, serta mengetahui kendala yang dihadapi orang tua dalam mengajarkan pendidikan agama Islam pada anak, di Kelurahan Uepai, kabupaten Konawe. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kelurahan Uepai, mulai dari Maret-Juni 2020.Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari, data primer dan data Sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu a) Observasi, b) Wawancara, c) Dokumentasi.Teknik analisis menggunakan a) Pengumpulan data, b) Display data, c) Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orangtua menerapkan pola pendidikan yang otoriter dan demokratis yaitu orangtua tidak memaksakan kehendaknya terhadap anak melainkan orangtua tetap memberikan pendidikan agama Islam kepada anak tanpa memaksakan kehendaknya. Otoriter disini bukan merupakan pola otoriter yang aktif. Upaya-upaya yang dilakukan oleh para orangtua dalam memberikan pendidikan agama Islam di dalam keluarga yaitu, dengan metode suri tauladan, pembiasaan atau peembelajaran langsung, serta reward and punishment. Kendala yang dihadapi orangtua dalam mengajarkan pendidikan agama Islam kepada anak, yaitu: (1) Perbedaan agama dalam keluarga membuat salah satu orangtua lebih dominan dalam memberikan pendidikan agama; (2) Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai pendidikan agama kepada anak; (3) Terbatasnya aktivitas peribadatan di rumah. Kata Kunci: Keluarga Beda Agama, Pendidikan Agama Islam Pada Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Keluarga Beda Agama, Pendidikan Agama Islam Pada Anak
Uncontrolled Keywords: Keluarga Beda Agama, Pendidikan Agama Islam Pada Anak
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Dec 2020 08:31
Last Modified: 14 Dec 2020 08:31
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item