Nurnaningsih, NIM. 16010101024., N (2021) MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELUARGA BROKEN HOME DI DESA AOSOLE KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
01 HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
06 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurnaningsih, NIM. 16010101024.Motivasi Belajar Siswa Pada Keluarga Broken Home di Desa Aosole Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan, melalui bimbingan Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I. Penelitian ini berjudul “Motivasi Belajar Siswa Pada Keluarga Broken Home di Desa Aosole Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana motivasi belajar siswa pada keluarga broken home di desa aosole kecamatan palangga kabupaten konawe selatan. (2) Apa saja yang menyebabkan terjadinya broken home di desa aosole. (3) Apa saja upaya yang dilakukan Orang Tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi yaitu triangulasi waktu, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informasi yang dikumpulkan berasal dari kesepuluh sumber dan dari hasil observasi dan wawancara peneliti selama melakukan penelitian di rumah subjek. Kesepuluh subjek ini masih sama-sama duduk di bangku SMP sekolah yang sama namun beda kelas. Kesepuluh subjek yang peneliti ambil merupakan siswa yang berasal dari keluarga broken home. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Siswa yang berasal dari keluarga Broken Home masih memiliki motivasi dalam belajarnya di sekolah. Motivasi belajar siswa yaitu adanya dorongan dari dalam diri siswa itu sendiri, adanya motivasi yang berasal dari lingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah (guru) dan adanya motivasi dari lingkungan sekitar (teman bergaul siswa). Kedua, Faktor yang menyebabkan terjadinya broken home yaitu, suami yang gemar bermabuk- mabukan, masalah ekonomi, masalah perselingkuhan. Ketiga, Upaya yang dilakukan orang tua siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan membiasakan anak (siswa) untuk belajar secara rutin, memeriksa nilai dan tugas anak (siswa) ketika pulang sekolah dan membangun komunikasi yang baik dengan guru di sekolah. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Keluarga Broken Home.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Keluarga Broken Home. |
Subjects: | Manajemen Komunikasi Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 03:47 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 03:47 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3022 |
Actions (login required)
View Item |