PENGARUH MINAT BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 31 KONAWE SELATAN

EMI EKASARI, NIM: 17010107023., E (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 31 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAPUS, LAMPIRAN, DOKUMENTASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EMI EKASARI, NIM: 17010107023. Pengaruh Minat Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan (Dibimbing Oleh: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd., M,Sc) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan; (2) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan; dan (3) pengaruh minat belajar dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Konawe Selatan yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,395>2,060) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050) atau koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,359; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,801>2,060) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,296; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (39,203>3,400) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050). Besarnya kontribusi variabel minat belajar, dan teman sebaya sebesar 56,8%, sedangkan sisanya sebesar 43,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: SMP Negeri 31 Konawe Selatan; minat belajar; teman sebaya; hasil belajar IPA x ABSTRACT EMI EKASARI, NIM: 17010107023. The influence of Learning Interests and Peers on Student Learning Outcomes in IPA Subjects at SMP Negeri 31 Konawe Selatan (Supervised by: Mr. Hasrin Lamote, S.Pd., M, Sc) The purpose of this research was to determine: (1) the influence of interest in learning on student learning outcomes in science subjects at SMP Negeri 31 Konawe Selatan; (2) the influence of peers on student learning outcomes in science subjects at SMP Negeri 31 Konawe Selatan; and (3) the influence of mutual interest in learning and peers on student learning outcomes in science subjects at SMP Negeri 31 Konawe Selatan. This research was classified as a quantitative research. The population as well as a sample in this research was all students of class VIII SMP Negeri 31 Konawe Selatan, totaling 27 students. where the research meaning that the entire population in the research was used as a sample, namely 27 people. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The validity test uses the product moment correlation formula, and the reliability test uses the Cronbach Alpha formula. The data analysis technique used multiple regression test. The results of the research at the 5% significance level indicate that: (1) there was a positive and significant influence of interest in learning on student learning outcomes in science subjects at SMP Negeri 31 Konawe Selatan. This research was indicated by the tcount value is greater than the ttable value (4.395>2.060) or the significance value was less than 0.050 (0.000<0.050), and the regression coefficient was a positive value of 0.359; (2) there is a positive and significant influence of peers on student learning outcomes in science subjects at SMP Negeri 31 Konawe Selatan. This research was indicated by the tcount value was greater than the ttable value (4.801>2.060) or the significance value is smaller than 0.050 (0.000<0.050), and the regression coefficient was a positive value of 0.296; (3) There was a positive and significant effect of peer and peer interest on student learning outcomes in science subjects at SMP Negeri 31 Konawe Selatan. This research was evidenced by the value of Fcount was greater than Ftable (39.203> 3.400) or the significance value was smaller than 0.050 (0,000<0.050). The contribution of the variable interest in learning and peers was 56.8%, while the remaining 43.2% was influenced by other factors not examined in this research. Keywords: SMP Negeri 31 Konawe Selatan; learning interests; peers; science learning outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMP Negeri 31 Konawe Selatan; minat belajar; teman sebaya; hasil belajar IPA
Uncontrolled Keywords: SMP Negeri 31 Konawe Selatan; minat belajar; teman sebaya; hasil belajar IPA
Subjects: Pendidikan
Ilmu Murni
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 13 Jan 2022 00:51
Last Modified: 13 Jan 2022 00:51
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item