PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS NEGERI 1 KONAWE SELATAN

Misda. 17010101044., M (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS NEGERI 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Judul-dikonversi.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
pengesahan Skripsi-dikonversi.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Misda. 17010101044. Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Negeri 1 Konawe Selatan. Dibimbing oleh: Dr. H. Pairin M.A Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di MTs Negeri 1 Konawe Selatan pada masa Pandemi Covid-19. 2) Untuk mengetahui problematika yang muncul dalam pembelajran daring di MTs Negeri 1 Konawe Selatan pada masa Pandemi Covid-19. 3) Untuk mengetahui solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring di MTs Negeri 1 Konawe Selatan pada masa Pandemi Covid�19.Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyjian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data , trianggulasi metode, dan trianggulasi waktu.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring di Mts Negeri 1 Konawe Selatan pada masa pandemi COVID-19 sudah berjalan dengan baik karena guru memberikan penugasan dan pemberian materi selama proses pembelajaran daring melalui android dengan memanfaatkan masing-masing grup Whatshaap kelas VIII. 2) Pada proses pembelajaran daring ada beberapa problema-problem atau masalah pertama, masalah sarana dan prasarana, kedua masalah tingkat pemahaman peserta didik, ketiga masalah kurangnya kerja sama antara orang tua dan siswa. 3) Solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring di Mts Negeri 1 Konawe Selatan pada masa pandemi COVID-19, pertama, guru bisa mengikuti seminar atau pelatihan tentang teknologi infomasi dan belajar pada teman-teman yang mengerti dengan teknologi informasi. Kedua, terkendalanya sarana dan prasarana seperti perangkat dan fasilitas pembelajaran, guru dan orang tua mengadakan kerjasama dengan cara memphotocopy materi atau LKS yang diberikan agar siswa tetap belajar. Ketiga, dengan pemahaman peserta didik yang berbeda-beda yaitu dengan cara memberi bimbingan dan tak lupa pula memberikan semangat dan motivasi agar tetap mengikuti proses pembelajaran. keempat, kurangnya kerjasama antara orang tua dan siswa solusinya disini yaitu dengan cara memberikan pengertian tentang pentingnya kerjasama antara orang tua dalam mengawasi anak-anaknya belajar di rumah, karena dengan pengendalian dan pengawasan orang tua sangat penting dan dapat membantu memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak mereka dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Kata Kunci :Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Problemtikan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Problemtikan Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Problemtikan Pembelajaran
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:25
Last Modified: 19 Jan 2022 02:25
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item