HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 KONAWE SELATAN

Mulfira Yanti. NIM. 17010108004, M (2022) HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN BARUU.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I BARU.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II BARU.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB III BARU.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V BARU.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN BARU.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mulfira Yanti. NIM. 17010108004. Hubungan Antara Kecanduan BermainGame Online Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Dibimbing oleh: Ir. Muragmi Gazali M.Ed. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kecanduan bermain game online di SMA Negeri 3 Konawe Selatan. (2) mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Konawe Selatan. (3) mengetahui hubungan antara kecanduan bermain game online dengan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Survey.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XIMIA di SMA Negeri 3 Konawe Selatan, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 61 sampel.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) pada peserta didik. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistic deskriptif, tehnik analisis statistic inferensial: uji prasyarat (uji normalitas) dan uji hipotesis (uji korelasi pearson product moment, uji Z, uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis deskriptif data variabel X (kecanduan bermain game online) menunjukan nilai Mean = 39.38 dengan frekuensi tertinggi yakni 25 = 40,98% berada pada kategori Sedang, 2) Analisis deskriptif data variabel Y (Motivasi belajar) menunjukan nilai Mean = 53.15 dengan frekuensi tertinggi yakni 22 = 36,07% berada pada tinggi, 3) Kecanduan bermain game online dengan motivasi belajar peserta didik diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,1283 dan rtabel sebesar 0,2521 terdapat hubungan negatif yang sangat lemah, selanjutnya nilai uji signifikan Zhitung sebesar -0,991, dikonsultasikan dengan Ztabeldiperoleh Ztabel-1,96 sehingga Zhitung< Ztabelyaitu -0,991 < -1,96. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan bermain game online dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Kata Kunci : Kecanduan Bermain Game Online, Motivasi Belajar ABSTRACT Mulfira Yanti. NIM. 17010108004. Playing online Games With Student Motivation In Biology Subjects Class XI MIA SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Supervised by: Ir. Muragmi Gazali M.Ed. The objecctives of this study were (1) to determine the level of addiction to playing online games at SMA Negeri 3 Konawe Selatan, (2) knowing the level of learning motivation of students at SMA Negeri 3 Konawe Selatan, (3) knowing the relationship between addiction to playing online gameswith the motivation to learn biology of students at SMA Negeri 3 Konawe Selatan. This research is a quantitative study yusing the survey method. The population in this study werw all students of class XI MIA at SMA Negeri 3 Konawe Selatan, the sample used in this study was 61 samples. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis technique, inferential statistical analysis technique: prerequisite test (normality test) and hypothesis testing (pearson product moment correlation test, Z test, coeffisien of determination test).The results showed that: (1) Descriptive analysis of variabel data X (addiction to playing online games) shows the value of Mean = 39,38 with the highest frequensy of 25 = 40,98% in the medium category. (2) Descriptive analysis of variabel data Y (learning motivation) shows the value of Mean = 53,15 with the highets frequensy, namely 22 = 36,07% in the high category, (3) Addiction to playing online games with students’ learning motivation obtained a correlation coefficient value (r) of -0,128 negative relationship, then the significant test value of Zcount is -0,991, consulted with the Ztable obtained Ztable -1,96, so that Zcount < Ztable namely -0,991 < -1,96. This shows that there is no significant relationship between addiction to playing online games and student motivation in biology subject as SMA Negeri 3 Konawe Selatan. Keywords: Online Game Addiction, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kecanduan Bermain Game Online, Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Bermain Game Online, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:01
Last Modified: 19 Jan 2022 07:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item