PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 10 KENDARI SELAMA PANDEMI COVID-19

Ria riswana, NIM: 17010108039., R (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 10 KENDARI SELAMA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (822kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (430kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ria riswana, NIM: 17010108039. Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 10 Kendari Selama Pandemi Covid�19, Dibimbing Oleh: Dr. Masdin M.pd Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui sistem pembelajaran online di SMA Negeri 10 Kendari selama pandemi Covid-19. (2) mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA selama pembelajaran online di masa pandemi Covid�19. (3) mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Kendari selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Kendari, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 52 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan obeservasi dan kuesioner (angket) pada peserta didik. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistic deskriptif, tehnik analisis statistic inferensial: uji prasyarat (uji normalitas) dan Linearitas, uji Regresi linear sederhana, Uji t, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis deskriptif data variabel X (Pembelajaran online) menunjukan nilai Mean = 80.13 dengan frekuensi tertinggi yakni 23 = 44% berada pada kategori Sedang, 2) Analisis deskriptif data variabel Y (Hasil belajar) menunjukan nilai Mean = 79.92 dengan frekuensi tertinggi yakni 25 = 48% berada pada kategori sedang, 3) pembelajaran online berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar biologi Melalui nilai thitung diperoleh sebesar 4.355 > nilai ttabel (2.008) dan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh secara signifikan variabel pembelajaran online terhadap hasil belajar biologi siswa. Untuk nilai koefisien determinasi (R2 atau R square) diperoleh sebesar 0,275. Nilai koefisien determinasi (KD) menunjukkan berapa besar pengaruh variabel pembelajaran online terhadap hasil belajar biologi yang diperoleh adalah 27,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pembelajaran online memiliki kontribusi pengaruh sebesar 27.5% terhadap variabel hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Kendari dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pembelajaran Online, Hasil Belajar ix ABSTRAK Ria riswana, NIM: 17010108039. The Influence of Online Learning on Biology Learning Outcomes of SMA Negeri 10 Kendari Students During the Covid-19 Pandemic, Supervised by: Dr. Masdin M.pd The objectives of this study were (1) to determine the online learning system at SMA Negeri 10 Kendari during the Covid-19 pandemic. (2) knowing the biology learning outcomes of class XI IPA students during online learning during the Covid-19 pandemic. (3) to determine the effect of online learning on the biology learning outcomes of class XI IPA students at SMA Negeri 10 Kendari during the Covid-19 pandemic.This research is a quantitative study using the survey method. The population in this study were all students of class XI IPA at SMA Negeri 10 Kendari, the sample used in this study was 52 samples. Data collection techniques used in this study using observation and questionnaires (questionnaires) on students. The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis techniques, inferential statistical analysis techniques: prerequisite test (normality test) and linearity, simple linear regression test, t test, and determination coefficient test). The results showed that: 1) Descriptive analysis of variable data X (online learning) shows the value of Mean = 80.13 with the highest frequency, namely 23 = 44% in the Medium category, 2) Descriptive analysis of variable data Y (learning outcomes) shows the value of Mean = 79.92 with the highest frequency, namely 25 = 48% in the medium category, 3) online learning has a positive and significant effect on biology learning outcomes.Through the tcount value obtained is 4.355> ttable value (2.008) and a significant value is obtained at 0.000 <0.05, so there is an effect significantly the online learning variable on students' biology learning outcomes. The coefficient of determination (R2 or R square) is 0.275. The coefficient of determination (KD) shows how much influence the online learning variable has on the biology learning outcomes obtained is 27.5%. So it can be concluded that the online learning variable has an influence contribution of 27.5% on the variable learning outcomes of biology class XI IPA students at SMA Negeri 10 Kendari and the rest is influenced by other factors not discussed in this. Study Keywords: Online Learning, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembelajaran Online, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Hasil Belajar
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:29
Last Modified: 27 Jan 2022 01:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item