PENGARUH SIKAP DAN KOMUNIKASI ILMIAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA FISIKA PADA PRAKTIKUM FISIKA DASAR I DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI

SARI PURNAMA, SID. 17010109017, S (2022) PENGARUH SIKAP DAN KOMUNIKASI ILMIAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA FISIKA PADA PRAKTIKUM FISIKA DASAR I DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR ISI DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SARI PURNAMA, NIM. 17010109017. Pengaruh Sikap dan Komunikasi Ilmiah Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Fisika pada Praktikum Fisika Dasar I Di Institut Agama Islam Negeri Kendari (Dibimbing Oleh: Zainuddin, S.Pd., M.Pd.) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa fisika pada praktikum Fisika Dasar I. (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi ilmiah terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa fisika pada praktikum Fisika Dasar I. (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh sikap dan komunikasi ilmiah terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa fisika pada praktikum Fisika Dasar I. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei yang dilaksanakan di Laboratorium Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Data sikap dan komunikasi ilmiah diperoleh melalui instrumen angket dan observasi serta wawancara, sedangkan data tingkat pengetahuan diperoleh dari nilai praktikum Fisika Dasar I mahasiswa fisika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif yang menggunakan rumus persentase dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas) dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dimana pada analisis tersebut terdapat uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh sikap ilmiah dengan kontribusi 15,4% terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa fisika pada praktikum Fisika Dasar I. (2) Terdapat pengaruh komunikasi ilmiah dengan kontribusi 10,8% terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa fisika pada praktikum Fisika Dasar I. (3) Terdapat pengaruh sikap dan komunikasi ilmiah dengan kontribusi 25,7% terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa fisika pada praktikum Fisika Dasar I. Pada persamaan regresi linier berganda diperoleh bahwa koefisien sikap ilmiah (X1) dan komunikasi ilmiah (X2) bernilai positif sehingga hal itu menandakan bahwa adanya hubungan positif antara sikap dan komunikasi ilmiah terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa fisika. Semakin tinggi nilai sikap dan komunikasi ilmiah maka akan semakin tinggi pengetahuan mahasiswa fisika. Kata Kunci: Sikap Ilmiah, Komunikasi Ilmiah, Tingkat Pengetahuan, Praktikum Fisika Dasar I, Mahasiswa Fisika. ix ABSTRACT SARI PURNAMA, SID. 17010109017. The Influence of Attitudes and Communication Scientific on the Level of Knowledge of Physics Students in Basics Physics Practicum 1 At the Islamic State Institute Of Kendari (Supervised by: Zainuddin, S.Pd., M.Pd.) The aims of this study are (1) Investigate whether there is an influence of scientific attitude toward the level of knowledge of physics students in the Basic Physics Practicum 1. (2) Examine whether there is an influence of scientific communication toward the level of knowledge of physics students in the Basic Physics Practicum 1. (3) Inquire whether there is an influence of scientific attitude and communication toward the level of knowledge of physics students in the Basic Physics Practicum 1. This research is quantitative research using a survey approach conducted at the Physics Laboratory of Education and Teacher Training Faculty at IAIN Kendari. The data of scientific attitude and communication were obtained through questionnaires, observations, and interviews, meanwhile the data of physics students knowledge level was gained from the practical value of Basic Physics 1. Descriptive statistical analysis was utilized as the data analysis technique in this study using the percentage formula and inferential statistical analysis consisting of classical assumption tests (normality, linearity, multicollinearity, and heteroscedasticity test), and hypothesis testing by using multiple linear regression analysis in which the analysis contains a partial test (t�test) and a simultaneous test (F test). The results of this study indicate that: (1) There is an influence of scientific attitude with a contribution of 15,4% to the level of knowledge of physics students in the Basic Practicum 1. (2) There is an influence of scientific communication with a contribution of 10,8% to the level of knowledge of physics students in the Basic Practicum 1. (3) There is an influence of scientific attitude and communication with a contribution of 25,7% to the level of knowledge of physics students in the Basic Practicum 1. In the multiple linear regression equation, the coefficient of scientific attitude (X1) and scientific communication (X2) is positive. Accordingly, it indicates that there is a positive relationship between the scientific attitude and communication toward the level of knowledge of physics students. Thus, the higher the value of scientific attitude and communication, the higher the knowledge of physics students. Keywords: Scientific Attitude, Scientific Communication, Knowledge Level, Basic Physics Practicum 1, Physics Students

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sikap Ilmiah, Komunikasi Ilmiah, Tingkat Pengetahuan, Praktikum Fisika Dasar I, Mahasiswa Fisika.
Uncontrolled Keywords: Sikap Ilmiah, Komunikasi Ilmiah, Tingkat Pengetahuan, Praktikum Fisika Dasar I, Mahasiswa Fisika.
Subjects: Fisika
Komunikasi
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:14
Last Modified: 28 Jan 2022 01:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item