PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA MAN 1 KENDARI

Satriani, 16010108050,, S (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA MAN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (979kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (938kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Satriani, 16010108050, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Biologi Di Kelas XI IPA MAN 1 Kendari, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing: Zainuddin S. Pd, M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar biologi, kompetensi profesional terhadap motivasi belajar biologi, dan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari.Penelitian ini menggunaakann jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di kelas XI IPA MAN 1 Kendari dengan jumlah populasi sebanyak 144 siswa dan sampel sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis desriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi pedagogik dan motivasi belajar diperoleh rhitung 0,326 > rtabel 0,256 dan berada dikategori lemah, artinya kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang positif dengan motivasi belajar biologi di MAN 1 Kendari; 2) kompetensi profesional dan motivasi belajar diperoleh nilai koefisiensi regresi rhitung 0,389 > rtabel 0,256 dan berada dikategori lemah artinya kompetensi profesional memiliki pengaruh yang positif dengan motivasi belajar biologi di MAN 1 Kendari; 3) kompetensi pedagogik dengan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar biologi diperoleh nlai koefisiensi regresi (Ry1.2) sebesar 0,437 dan berada di kategori sedang, nilai Fhitung sebesar 21,122, selanjutnya dikonsultasikan dengan Ftabel pada db = 2/74 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel sebesar 3,16 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 21,122 > 3,16. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di MAN 1 Kendari. ix ABSTRACT Satriani, 16010108050, The Effect of Pedagogical Competence and Teacher Professional Competence on Motivation to Learn Biology in Class XI IPA MAN 1 Kendari, Biology Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kendari State Islamic Institute, Advisor: Zainuddin S. Pd, M. Pd This study aims to determine the pedagogical competence of biology learning motivation, professional competence towards biology learning motivation, and pedagogic competence and professional competence towards the biology learning motivation of class XI IPA students of Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari.This research uses descriptive research with a quantitative approach. Research location in MAN 1 Kendari with a total population of 144 students and a sample of 59 students. The data collection techniques used were documentation and questionnaires, while the data analysis techniques used were descriptive analysis techniques and inferential analysis.The results showed that: 1) pedagogic competence and learning motivation obtained rcount 0.326> rtabel ¬0.256 and were in the weak category, meaning that pedagogic competence had a positive influence on motivation to learn biology at MAN 1 Kendari; 2) professional competence and learning motivation obtained regression coefficient value r count 0.389> r table 0.256 and it is in the weak category, meaning that professional competence has a positive influence on motivation to learn biology in MAN 1 Kendari; 3) pedagogical competence with professional competence of teachers with motivation to learn biology obtained regression coefficient (Ry1.2) of 0.437 and is in the medium category, the value of Fcount is 21.122, then consulted with Ftable at db = 2/74 with a significance level of 5% obtained Ftable is 3.16 so that Fcount> Ftable is 21.122> 3.16. This shows that there is a relationship between pedagogical competence and teacher professional competence with student motivation in biology subjects at MAN 1 Kendari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KOMPTENSI PEDAGOGIK,PROFESIONALISME GIRU
Uncontrolled Keywords: KOMPTENSI PEDAGOGIK,PROFESIONALISME GIRU
Subjects: Ilmu Terapan
Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:23
Last Modified: 28 Jan 2022 01:23
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item