STRATEGI PENDAMPINGAN PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU (PLUT) TERHADAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI SULAWESI TENGGARA

Ulfi Nur Ma'rifah. NIM 16050101025, U (2022) STRATEGI PENDAMPINGAN PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU (PLUT) TERHADAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI SULAWESI TENGGARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ulfi Nur Ma’rifah. NIM 16050101025. Strategi Pendampingan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sulawesi Tenggara. Dibimbing oleh Dr. Hj Ummi Kalsum, M.Ag & Dra. Beti Mulu, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendampingan yang diterapkan PLUT terhadap UMKM yang ada di Sulawesi Tenggara dan hasil yang ditimbulkan dari strategi pendampingan yang ada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, klasifikasi data dan verifikasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, tiangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan PLUT berupaya untuk mengatasinya dengan menerapkan strategi pendampingan berdasarkan peran dari masing-masing bidang yang ada di PLUT, yaitu bidang kelembagaan, bidang sumber daya manusia (SDM), bidang produksi, bidang pembiayaan, dan bidang pemasaran. Strategi yang diterapkan mulai dari memfasilitasi proses pengurusan perizinan produk UMKM, peningkatan skill, memfasilitasi bahan baku, pelatihan kemasan produk, pengecekan proses produksi, memfasilitasi akses pembiayaan di Bank maupun Non Bank, pelatihan penyusunan rencana bisnis dan memberikan pelatihan tentang pemasaran. Strategi tersebut diterapkan berdasarkan kendala yang dihadapi UMKM seperti, keterbatasan modal kerja, distribusi dan pengadaan bahan baku, kurang paham dalam memasarkan produk, kurang paham tentang peluang pasar, dan keterbatasan sumber daya manusia. Strategi ini pun diterapkan untuk menumbuhkan sikap Ta’awun (tolong-menolong) agar UMKM dapat meningkatkan kualitas produk yang dimiliki. Hingga saat ini, telah ada 200 UMKM yang menjadi binaan PLUT. Pada tahun 2018 telah ada 10 UMKM yang berhasil mendapatkan surat izin usaha berupa P-IRT, 10 UMKM yang kemasannya telah diubah, ada pula 10 UMKM yang telah lolos dalam pembiayaan Bank maupun Non Bank, kemudian ada 50 UMKM yang pernah mengikuti pameran di dalam kota maupun luar kota. Kata Kunci : Strategi Pendampingan; PLUT; UMKM viii ABSTRACT Ulfi Nur Ma'rifah. NIM 16050101025. Integrated Business Service Center (PLUT) Assistance Strategy for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Southeast Sulawesi. Supervised by Dr. Hj Ummi Kalsum, M.Ag & Dra. Beti Mulu, M.Pd.I This study aims to determine the mentoring strategy applied by PLUT to MSMEs in Southeast Sulawesi and the results of the existing mentoring strategies. This type of research is a qualitative research using field research methods (field research) case study approach. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, data classification and verification by testing the validity of the data using source triangulation techniques, engineering techniques, and time triangulation. The results showed that PLUT attempted to overcome this by implementing a mentoring strategy based on the roles of each of the fields in PLUT, namely the field of institutions, human resources (HR), production, financing, and marketing. The strategy implemented starts from facilitating the licensing process for MSME products, improving skills, facilitating raw materials, training on product packaging, checking production processes, facilitating access to finance at banks and non-banks, training in preparing business plans and providing training on marketing. The strategy is implemented based on the obstacles faced by MSMEs such as limited working capital, distribution and procurement of raw materials, lack of understanding in marketing products, lack of understanding of market opportunities, and limited human resources. This strategy was also applied to foster an attitude of Ta'awun (please-help) so that MSMEs could improve the quality of their products. Until now, there have been 200 MSMEs that have been guided by PLUT. In 2018 there were 10 MSMEs that managed to obtain business permits in the form of P-IRT, 10 MSMEs whose packaging had been changed, there were also 10 MSMEs that had passed Bank and Non-Bank financing, then there were 50 MSMEs that have participated in exhibitions in the city and out of town. Keywords : Mentoring Strategy; PLUT; UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi Pendampingan; PLUT; UMKM
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendampingan; PLUT; UMKM
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:29
Last Modified: 10 Mar 2022 03:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3378

Actions (login required)

View Item View Item