PERAN TPQ NURUL MU’MININ DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PADA ANAK DI DUSUN DUA DESA WONUA KECAMATAN KONDA KONAWE SELATAN

Agung Nugroho. 17010101009, A (2022) PERAN TPQ NURUL MU’MININ DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PADA ANAK DI DUSUN DUA DESA WONUA KECAMATAN KONDA KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover-dikonversi.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
lembar pengesahan dan kata pengantar.pdf

Download (411kB)

Abstract

ABSTRAK Agung Nugroho. 17010101009. Peran TPQ Nurul Mu’minin Dalam Membentuk Kemampuan Membaca al Qur’an pada anak di Dusun Dua Desa Wonua Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Di Bimbing Oleh: Dra Marlina M,Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran taman pendidikan al Qur’an (TPQ) dalam membentuk kemampuan membaca al Qur’an, dan untuk mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat dalam proses pembelajaran baca al Qur’an di TPQ Nurul Mu’minin desa Wonua serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk membentuk kemempuan membaca al Qur’an pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang juga merupakan penelitian lapangan (field research). Data di kumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peranan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Mu’minin Dalam Membentuk Kemampuan Membaca Al-Qur’an, bahwa keberadaan TPQ mempunyai peranan yang sangat besar terhadap masyarakat terutama bagi para orang tua dalam membetuk kemampuan membaca al Qur’an anak-anak mereka sehingga anak-anak mereka bisa membaca al Qur’an dengan baik dan benar. (2) Faktor-faktor pendorong dan penghambat proses pembelajaran baca al-Qur’an di TPQ Nurul Mu’minin, terdiri dari : dukungan orang tua dan masyarakat. Selain itu, faktor penghambat dalam proses pembelajaran baca al Qur’an di TPQ Nurul Mu’minin yaitu diantaranya: sarana dan prasana dan tenaga pengajar. (3) Upaya guru TPQ Nurul Mu’minin desa Wonua dalam membentuk kemampuan anak dalam membaca al-Qur’an di desa wonua, yaitu dengan cara mengelompokkan santri sesuai dengan kemampuan yang santri miliki dan dengan menggunakan metode Iqro’, dan baghdadiyah, untuk membentuk kemampuan membaca al Qur’an pada santri. Kata Kunci: Peran TPQ, Membentuk Kemampuan Membaca, Al Qur’an,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran TPQ, Membentuk Kemampuan Membaca, Al Qur’an,
Uncontrolled Keywords: Peran TPQ, Membentuk Kemampuan Membaca, Al Qur’an,
Subjects: Agama
Pendidikan
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:55
Last Modified: 14 Mar 2022 03:55
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3384

Actions (login required)

View Item View Item