PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 RAHA KECAMATAN BATALAIWORU KABUPATEN MUNA

AGUSTIANI HARUN, NIM. 11 01 01 03 043 (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 RAHA KECAMATAN BATALAIWORU KABUPATEN MUNA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGUSTIANI HARUN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agustiani Harun,11010103043. Pengaruh Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Raha Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna, dibimbing oleh Drs. Masdin, M.Pd dan La Hadisi, S.Ag., M.Pd.I Skripsi ini membahas tentang kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Raha. Dalam penelitian kecerdasan emosional kepala sekolah sudah baik. Keterampilan sosial, Motivasi, dan empati selalu ditunjukkan kepada setiap guru, sehingga meningkatkan kinerja guru. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme guru dalam melakukan pembelajaran dan berdasarkan kurukulum yang berlaku. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Raha Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna. DRAFT Metode Penelitian ini sifatnya kuantitatif yakni menggambarkan hasil penelitian dengan menggunakan angka, kemudian angka tersebut dijabarkan dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data adalah quisioner, adapun untuk mendukung dan melengkapi data yang diperoleh digunakan observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, dianalisis melalui teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan perhitungan statistik ditemukan bahwa persamaan regresi linearnya adalah: Y’= 22,01 + 0,60X dan besarnya hubungan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru atau disebut koefisien korelasi sebesar 0,52 dengan interpretasi kategori sedang. Besarnya pengaruh variabel X terhadap Y berdasarkan rumus koefisien determinasi sebesar 24,01%. Hipotesis atau signifikansi ditemukan F hitung >F tabel maka H 0 ditolak, dan H diterima, jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kecerdasan emosional kepala sekolah termasuk dalam kategori baik sekali dengan persentase 94%. Kinerja guru termasuk dalam kategori baik sekali dengan persentase 83%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Raha Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Masdin, M.Pd dan La Hadisi, S.Ag.,
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLA
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:45
Last Modified: 04 Oct 2017 02:45
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item