STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Baruga Kota Kendari)

Raodatul Janna. NIM 17050101096, R (2022) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Baruga Kota Kendari). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Raodatul Janna. NIM 17050101096. Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Baruga Kota Kendari). Dibimbing oleh Dr. Hj. Ummi Kalsum M.Ag & Nurjannah S. Kom, M.pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pedagang pasar Baruga di era revolusi industri 4.0 dan bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang pasar Baruga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan terlibat (Participating Observer), wawancara mendalam (In-Depth Interview) dan Studi Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), klasifikasi data dan verifikasi (Verification) dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, tiangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Dengan memanfaatkan media sosisial dalam berdagang, terdapat hal positif yang di rasakan oleh para pedagang pasar Baruga salah satunya seperti usaha mereka semakin berkembang dan pendapatan mereka juga ikut meningkat. selain itu, diantara mereka bahkan ada yang memanfaatkan gojek online seperti grab, maxim dan kurir untuk mengantarkan barang dagangan mereka kepada pelanggan yang telah memesan barang dagangan mereka melalui facebook maupun WhatApps. 2). Dalam pandangan Ekonomi Islam, pemasaran dengan menggunakan media sosial merupakan sesuatu hal yang boleh saja dilakukan karena masi dalam lingkup pemasaran selama tidak ada penyimpangan prinsip muamalah. Strategi pemasaran yang di lakukan oleh para pedagang pasar Baruga di era revolusi industri 4.0 belum cukup sesuai dengan prinsip, karakteristik, dan praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW dikarenakan masi ada pedagang yang melaukan penipuan dalam berdagang seprti penipuan terkait kualitas produk dan ini merupakan hal yang tidak diperbolehkan dalam ajaran Ekonomi Islam. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Revolusi Industri 4.0, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMASARAN, PEDAGANG
Uncontrolled Keywords: PEMASARAN, PEDAGANG
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:00
Last Modified: 12 Apr 2022 06:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item