ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DI MAN 1 KONAWE SELATAN

Sri Ratu Rahwani Basanunggu, NIM: 17010110036, S (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DI MAN 1 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text
2 BAB 1.pdf

Download (492kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (475kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Ratu Rahwani Basanunggu, NIM: 17010110036. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Pada Siswa Kelas XI Jurusan IPA 1 Di MAN 1 Konawe Selatan, Dibimbing Oleh: Muh. Syarwa Sangila, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa Kelas XI MAN 1 Konawe Selatan pada jurusan IPA dalam menyelesaikan soal Barisan Dan Deret. (2) Mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada jurusan IPA dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MAN 1 Konawe Selatan, Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 21 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Konawe Selatan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi Barisan dan Deret ditemukan 4 jenis kesalahan yaitu ; 1) Kesalahan Memahami Masalah (Comprehension Errors), 2) Kesalahan Transformasi Masalah (Transformasion Errors), 3) Kesalahan Keterampilan Proses (Proces Skill Errors), dan 4) Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir (Endconding Errors). Kesalahan memahami masalah (Comprehension Errors) disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Solusinya yaitu dengan memberikan penjelasan mengenai maksud dan tujuan soal. Kesalahan transformasi masalah (Transformasion Errors) disebabkan lupa, keliru dan lemahnya kemampuan siswa dalam mengubah kemodel matematika yang benar. Solusinya yaitu guru membiasakan memberikan contoh soal kepada siswa dengan melihat pembahasan contoh soal. Kesalahan keterampilan proses (Proces Skill Errors) disebabkan siswa kurang teliti, tergesa-gesa dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Solusinya yaitu meminta siswa untuk meneliti kembali hasil pekerjaannya dan membangun pemahaman ulang apabila siswa tidak memahami konsep. Kesalahan yang terakhir (Endconding Errors) yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena lupa, merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikannya sehingga siswa keliru dalam menuliskan jawaban akhir akibat kesalahan sebelumnya. Solusinya yaitu dengan meminta kepada siswa untuk mengecek kembali pekerjaannya. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Barisan dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Analisis Kesalahan, Soal Barisan
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Barisan
Subjects: Matematika
Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:07
Last Modified: 19 Apr 2022 01:07
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item View Item