Khusnul Qotimah, NIM. 13010101050,, K (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL QUR’AN SISWA DI MAN 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (909kB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Khusnul Qotimah, NIM. 13010101050, “Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan”, (Dibimbing oleh: Dr.Hj St Kuraedah M.Ag). Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan. Untuk mengetahui kemampuan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis al�Qur’an di MAN 2 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam pengecekan keabsahan data terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu, keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferabillity), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan yaitu : Kemampuan membaca al-Qur’an di MAN 2 Konawe Selatan berada pada rentang nilai sangat baik yaitu 7,83. Dimana peserta didik dapat dikatakan sudah baik dan lancar. Peserta didik telah mampu untuk membedakan dalam .: dan ض serta, ز dan ذ ,د dan ذ ,ھ dan ح ,ش dan س , ث ,ع dan ا menyebutkan Sedangkan dalam kemampuan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari tulisan Siswa sudah nampak baik dan rapi, selain itu nilai kemampuan menulis al-Qur’an Siswa juga dapat dikatakan cukup tinggi. kemampuan menulis al-Qur’an berada pada rentang nilai baik yaitu 7,36. Hasil dari nilai gabungan keduanya kemampuan membaca dan menulis yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis al�Qur’an di MAN 2 Konawe Selatan ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun yang menjadi faktor pendukung meliputi; guru, Siswa, sarana dan prasarana, al-Qur’an terdapat nilai tertinggi adalah 9 dan nilai terendah yaitu 6. Faktor-faktor dan program.sedangkan yang menjadi faktor penghambat meliputi kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru-guru PAI, kurangnya motivasi dari orang tua terkait dengan upaya tersebut. Kata kunci : Kemampuan;membaca;menu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kemampuan, membaca, menu |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan;membaca;menu |
Subjects: | Agama Pendidikan Al-Qur'an Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 02:35 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 02:35 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3612 |
Actions (login required)
View Item |