ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL QUR’AN SISWA DI MAN 2 KONAWE SELATAN

Khusnul Qotimah, NIM. 13010101050,, K (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL QUR’AN SISWA DI MAN 2 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Khusnul Qotimah, NIM. 13010101050, “Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan”, (Dibimbing oleh: Dr.Hj St Kuraedah M.Ag). Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan. Untuk mengetahui kemampuan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis al�Qur’an di MAN 2 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam pengecekan keabsahan data terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu, keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferabillity), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan yaitu : Kemampuan membaca al-Qur’an di MAN 2 Konawe Selatan berada pada rentang nilai sangat baik yaitu 7,83. Dimana peserta didik dapat dikatakan sudah baik dan lancar. Peserta didik telah mampu untuk membedakan dalam .: dan ض serta, ز dan ذ ,د dan ذ ,ھ dan ح ,ش dan س , ث ,ع dan ا menyebutkan Sedangkan dalam kemampuan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan menulis al-Qur’an Siswa di MAN 2 Konawe Selatan sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari tulisan Siswa sudah nampak baik dan rapi, selain itu nilai kemampuan menulis al-Qur’an Siswa juga dapat dikatakan cukup tinggi. kemampuan menulis al-Qur’an berada pada rentang nilai baik yaitu 7,36. Hasil dari nilai gabungan keduanya kemampuan membaca dan menulis yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis al�Qur’an di MAN 2 Konawe Selatan ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun yang menjadi faktor pendukung meliputi; guru, Siswa, sarana dan prasarana, al-Qur’an terdapat nilai tertinggi adalah 9 dan nilai terendah yaitu 6. Faktor-faktor dan program.sedangkan yang menjadi faktor penghambat meliputi kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru-guru PAI, kurangnya motivasi dari orang tua terkait dengan upaya tersebut. Kata kunci : Kemampuan;membaca;menu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kemampuan, membaca, menu
Uncontrolled Keywords: Kemampuan;membaca;menu
Subjects: Agama
Pendidikan
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:35
Last Modified: 17 Jun 2022 02:35
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item