PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR (RESITASI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD NEGERI 1 WAHA KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI

MAOLUDU, NIM.11010101155 (2015) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR (RESITASI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD NEGERI 1 WAHA KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Maoludu. NIM. 11010101155, Penerapan metode pemberian tugas belajar (Resitasi) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SD Negeri 1 Waha Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi”(Dibimbing oleh:Dr. Hj. St. Kuraedah, M. Ag., dan Aliwar, S.Ag, M.Pd) Skripsi ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penerapan metode pemberian tugas belajar (Resitasi) siswa Kelas VSD Negeri 1 Waha Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu karya ilmiah bertujuan untuk mengetahuipeningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penerapan metode pemberian tugas belajar (Resitasi) siswa Kelas VSD Negeri 1 Wahadengan sasaran permasalahanapakah penggunaan penerapan metode pemberian tugas belajar (resitasi)dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaraan Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V.A. SD Negeri 1 Waha?.Dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapametode pemberian tugas belajar (resitasi)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Waha. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data ditempuh dengan tekhnik a). Data diambil dari hasil belajar (evalausi proses pembelajaran dengan tes), b). Data diambil melalui pengamatan proses KBM pada perekembangan siklus yang ada bersama guru kolaborator dan hasil catatan refleksi, c). Data diambil dari hasil instrumen observasi yang diberikan kepada siswa dan guru, sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan analisis hasil refleksiterhadap siklus Idan II dengan indikator kerja keberhasilan mencapai kategori 85% dalam hal ini siswa dinyatakan mencapai keberhasilan belajar secara klasikal, dan dikatakan telah mencapai keberhasilan belajar secara perorangan apabila siswa telah mendapatkan keberhasilan kategori 65% keatas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islammelalui penerapan metode pemberian tugas belajar (Resitasi) di SD Negeri 1 Wahaberdasarkan siklus I dan II sebesar 23,43829%menunjukan adanya peningkatan dari tiap siklusnya, dimana siklus I hasil belajar nilai rata-rata 68,4setelah diberikan tindakan siklus ke II hasil belajar siswa menunjukan nilai rata-rata84,4.Aktifitas belajar siswa pada siklus I terlihat berdasarkan instrumen kegiatan siswa dan kegiatan kelompok siswa hasil observasi dan refleksi guru kolaborator menunjukan beberapa item tidak terlakasan dengan baik, diindikasikankesiapan dan kemampuan melaksanakan belum maksimal. Namun setelah diberikan tindakan ke II siswa menunjukan kesiapan belajar dengan strategi dan kolaborasi beberapa metode menujukan adanya perubahan positif hal ini di imbangi dengan peningkatan perolehan nilai hasil evaluasi pada siklus ke II menunjukan nilai rata-rata 68,4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. St. Kuraedah, M. Ag., dan Aliwar, S.Ag, M.Pd)
Uncontrolled Keywords: RESITASI, PRESTASI BELAJAR , PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 06 Oct 2017 06:40
Last Modified: 06 Oct 2017 06:40
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item