PENGEMBANGAN USAHA EKONOMI KREATIF DODOL LABU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Dodol Labu Di Desa Poanaha Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe)

NUR ASIAH, NIM : 17050101056,, N (2022) PENGEMBANGAN USAHA EKONOMI KREATIF DODOL LABU DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Dodol Labu Di Desa Poanaha Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK NUR ASIAH, NIM : 17050101056,,. “Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Dodol Labu Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Dodol Labu Di Desa Poanaha Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe)”… Dibimbing oleh Dr. Hj. Ummi Kalsum M. Ag Sebagai Pembimbing I dan Sodiman, M.Ag, Sebagai Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan usaha ekonomi kreatif dodol labu serta bagaimana pengembangan usaha ekonomi kreatif dodol labu ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta mengunakan pemeriksaan keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi sumber, trianggulasi tehnik dan trianggulasi waktu. Berdasarkan hasil dari penelitian yang peneliti dapat dilapangan pengembangan Usaha ekonomi kreatif dodol labu adalah dengan pengembangan Produk sebuah pengembangan yang mengupayakan peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk atau jasa yang ada pada saat ini, pengembangan pasar dengan memperkenalkan produk atau jasa saat ini ke wilayah geografis baru, penetapan harga yang diterapkan oleh usaha dodol labu yaitu menetapkan harga yang terjangkau bagi semua kalangan konsumen, dengan harga yang terjangkau dodol labu mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut yang pada akhirnya berdampak positif bagi peningkatan penjualan dan promosi penjualan dengan melalui dua cara yaitu dari segi media social dan tempat, dari segi media social promosi penjualan dilakukan dengan membuat iklan penjualan melalui facebook maupun whatsapp. Jika ditinjau dari perspektif ekonomi Islam adalah dengan niat yang baik, berinteraksi dengan akhlak, percaya takdir dan ridho, bersyukur, kerja sebagai ibadah, menjaga aturan syariah, bersikap rendah hati dan menghindari kesombongan dan terakhir adalah selalu tepat waktu karena terlatih dalam shalat. Kata kunci: Ekonomi Kreatif, Pengembangan Usaha dan Dodol Labu ABSTRACT NUR ASIAH, NIM : 17050101056,,. “The Development Of The Dodol Pumpkin Creative Economy Business An Islamic Economic Perspective (A Study On The Dodol Pumpkin Business In Poanaha Village Puriala Sub-District Konawe District)”… Supervised by Dr. Hj. Ummi Kalsum M.Ag As Advisor I and Sodiman, M.Ag, As Advisor II This study aims to determine how to the development of the dodol pumpkin creative economy business and how the development of the dodol pumpkin creative economy business is viewed from the perspective of islami economics. As for this type of research is descriptive qualitative research using a case study appoarch. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. The data analysis techniques data reduction, data presentation and conclusion drawing and using data validity checking using source triangulation, technical triangulation and time triangulation techniques. Based on the results of the research that researchers can do in the field of developing dodol pumpkin creatve business, product development that to increase sales by improving or modifying existing products or services, market development by introducing current products or services to the region in a new geographical area, the pricing applied by the dodol pumpkin business is to set affordable prices for all consumers to buy the product which in turn has a positive impact on increasing sales promotion in two ways. Namely in terms of social media and place, in terms of social media sales promotion in done by making sales advertisements through facebook or whatsapp. If viewed from the perspective Islamic economics, it is with good intentions, interacting with morals, believing in destiny and being happy, being grateful, working as worship, maintaining sharia rules, being humble and avoiding arrogance and finally being on time because they are trained in prayer. Keywords: Creative Economy, Business Development and Dodol Pumpkin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ekonomi Kreatif, Pengembangan Usaha dan Dodol Labu
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Usaha dan Dodol Labu
Subjects: Pendidikan
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:02
Last Modified: 23 Jun 2022 02:02
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item