PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MALIGANO

Lutfi Auliyaul Jannah, NIM: 17010107009., L (2022) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MALIGANO. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lutfi Auliyaul Jannah, NIM: 17010107009. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Maligano (Dibimbing Oleh : Bapak Ismaun S.Si., M.Si) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Script di SMP Negeri 1 Maligano, hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional serta pengaruh model Kooperatif Tipe Script dalam meningkatkan hasil belajar . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maligano. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII-1 dan VII-2. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan instrumen tes. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Exsperiment Design). Uji Validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Crobach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dan analisis inferensial. Hasil belajar siswa menggunakan model Kooperatif Tipe Script ditemukan bahwa nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 40,2 dan nilai rata-rata sesudah perlakuan (posttest) adalah 81,6 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditemukan bahwa nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 40,13 dan nilai rata-rata sesudah perlakuan (posttest) adalah 70,4. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Script terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 4,03 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,70. Dari data ini menunjunkkan bahwa nilai thitung> ttabel, sehingga hipotesis diterima dimana variabel model pembelajaran Kooperatif Tipe Script (X) berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar (Y). Kata Kunci: SMP Negeri 1 Maligano, Model Kooperatif Tipe Script, Hasil Belajar ABSTRACT Lutfi Auliyaul Jannah, NIM: 17010107009. The Influence of the Script Type Cooperative Model in Improving Science Learning Outcomes of Class VII Students at SMP Negeri 1 Maligano (Supervised By: Mr. Ismaun S.Si., M.Si) This study aims to determine the learning outcomes of students who are taught using the Cooperative Type Script model at SMP Negeri 1 Maligano, the learning outcomes of students who are taught using the conventional learning model and the effect of the Cooperative Type Script model in improving learning outcomes. The population in this study were all seventh grade students of SMP Negeri 1 Maligano. The samples used in this study were class VII-1 and VII-2. Data collection techniques using documentation, interviews, observations and test instruments. The research approach used is quantitative with a quasi-experimental research type (Quasy Experimental Design). The validity test uses the Product Moment correlation formula and the reliability test uses the Crobach Alpha formula. The data analysis technique used in this research is statistical analysis technique and inferential analysis. Student learning outcomes using the Cooperative Type Script model were found that the average score before treatment (pretest) was 40.2 and the average score after treatment (posttest) was 81.6 while student learning outcomes using conventional learning models found that the average score The average before treatment (pretest) was 40.13 and the average value after treatment (posttest) was 70.4. The results of the study found that there was an effect of the Script Type cooperative learning model on improving student learning outcomes with a tcount of 4.03 while a ttable value of 1.70. From this data, it shows that the value of tcount > ttable, so that the hypothesis is accepted where the variable of the Script Type Cooperative learning model (X) has a significant effect on learning outcomes (Y). Keywords: SMP Negeri 1 Maligano, Script Type Cooperative Model, Learnin Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMP Negeri 1 Maligano, Model Kooperatif Tipe Script, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: SMP Negeri 1 Maligano, Model Kooperatif Tipe Script, Hasil Belajar
Subjects: Manajemen
Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:33
Last Modified: 10 Aug 2022 03:33
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3716

Actions (login required)

View Item View Item