Rika Dwi Astuti Nim. 15010104068., R (2022) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGRI 8 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (3MB) |
|
Text
9 BAB I r.pdf Download (326kB) |
|
Text
10 BAB II r.pdf Download (590kB) |
|
Text
11 BAB III r.pdf Download (739kB) |
|
Text
12 BABA IV r.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
Text
13 BAB V r.pdf Download (48kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rika Dwi Astuti Nim. 15010104068. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 8 Konawe Selatan. Dibimbing Oleh: Dr. H. Pairin, MA Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan percaya diri siswa melalui metode role playing pada mata pelajaran PKN. Data dikumpulkan melalui Observasi, Teknik catatan lapangan, Teknik angket dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis pencapaian peningkatan percaya diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran (Role playing) dapat meningkatkan kepercayan diri siswa Kelas V SD Negeri 8 Konawe Selatan. dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kategori sangat tinggi dari siklus I ke siklus II berdasarkan angket kepercayaan diri yaitu sebesar 52%. Hal tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara yang menunjukkan peningkatan kepercayaan diri Kelas V SD Negeri 8 Konawe Selatan. Dengan demikian, penggunaan metode bermain peran (Role playing) dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 8 Konawe Selatan. Kata Kunci: Bermain Peran, Kepercayaan Diri Siswa, Penelitian Tindakan Kelas ABSTRACT Rika Dwi Astuti Nim. 15010104068. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 8 Konawe Selatan. Dibimbing Oleh: Dr. H. Pairin, MA This Classroom Action Research (PTK) aims to identify increasing students' selfconfidence through the role playing method in PKN subjects. Data were collected through Observation, Field Note Techniques, Questionnaire Techniques and Documentation. The data analysis used in this research is qualitative and quantitative. Quantitative techniques are used to analyze the achievement of increasing students' self-confidence. The results showed that the role playing method could increase the self-confidence of the fifth grade students of SD Negeri 8 Konawe Selatan. evidenced by the results of the study which showed an increase in the number of students who reached the very high category from cycle I to cycle II based on a self-confidence questionnaire that was equal to 52%. This is also reinforced by the results of interviews which show an increase in the self-confidence of Class V SD Negeri 8 Konawe Selatan. Thus, the use of the role playing method can increase student confidence in PKN Class V SD Negeri 8 Konawe Selatan. Keywords: Role Playing, Student Confidence, Classroom Action Research
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Bermain Peran, Kepercayaan Diri Siswa, Penelitian Tindakan Kelas |
Uncontrolled Keywords: | Bermain Peran, Kepercayaan Diri Siswa, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:51 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:51 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3734 |
Actions (login required)
View Item |