STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MI ASY-SYAFI’IYYAH KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI

Sitti Maryam Buchari. NIM 17010104035., S (2022) STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MI ASY-SYAFI’IYYAH KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
SKRIPSI SAJA_Cover_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SAJA_BAB I_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SAJA_BAB II_3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SAJA_BAB III_4.pdf

Download (778kB)
[img] Text
SKRIPSI SAJA_BAB IV_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SAJA_BAB V_6.pdf

Download (786kB)
[img] Text
SKRIPSI SAJA_LAMPIRAN_7.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sitti Maryam Buchari. NIM 17010104035. Strategi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Asy-Syafi’iyyah Kecamatan Baruga Kota Kendari. Dibimbing oleh Dr. H. Abdul Kadir, M.Pd Strategi pengelolaan pembelajaran merupakan suatu cara yang dipilih oleh seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan pembelajaran, mendeskripsikan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di MI Syafi‟iyyah Kendari dan mendeskripsikan kendala dan upaya dalam pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 6 orang guru di MI Asy-Syafi‟iyyah Kendari. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan hasil berupa tiga poin penting. 1) Strategi pengelolaan pembelajaran di MI Asy-Syafi‟iyyah Kendari yang di temui yaitu di mulai dari persiapan pembelajaran, strategi khusus dalam mengajar seperti materi yang akan di ajarkan oleh guru, media , dan buku panduan, pengembangan proses pembelajaran, menciptakan tata tertib kelas, dan pengelompokan siswa, 2) Pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di MI Asy-Syafi‟iyyah Kendari yang di temui yaitu di mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, 3) serta kendala yang ditemui dan bagaimana upaya dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan, Pembelajaran ABSTRACT Sitti Maryam Buchari. 17010104035 Teacher's Strategy in Learning Management at MI Asy-Syafi'iyyah, Baruga District, Kendari City. Supervised by Dr. H. Abdul Kadir, M.Pd Learning management strategy is a method chosen by a teacher to deliver the subject matter. The purpose of this study is to describe learning management strategies, describe the implementation and evaluation of learning at MI Syafi'iyyah Kendari and describe the obstacles and efforts in learning management. This research is a qualitative research. The subjects of this study amounted to 6 teachers at MI Asy-Syafi'iyyah Kendari. Methods of data collection using interviews, observation and documentation. This study concludes the results in the form of three important points. 1) Learning management strategies at MI Asy-Syafi'iyyah Kendari were met, namely starting from learning preparation, special strategies in teaching such as materials to be taught by teachers, media, and guide books, developing the learning process, creating classroom rules , and grouping students, 2) Implementation and evaluation of learning at MI AsySyafi'iyyah Kendari that was met, namely starting from preliminary activities, core activities and closing activities, 3) as well as obstacles encountered and how to overcome problems in the learning . Keywords: Strategy, Management, Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Strategi, Pengelolaan, Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengelolaan, Pembelajaran
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:24
Last Modified: 31 Aug 2022 01:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item View Item